Rektor UWM: Skripsi dapat diganti dengan tugas akhir lainnya

id rektor uwm,uwm

Rektor UWM: Skripsi dapat diganti dengan tugas akhir lainnya

Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Prof Dr Edy Suandi Hamid (ANTARA/HO-UWM)

Yogyakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Prof Dr Edy Suandi Hamid mengatakan skripsi bagi mahasiswa S1 sebagai syarat kelulusan dapat diganti dengan tugas akhir lainnya.

"Penggantian skripsi dengan tugas akhir lainnya itu bukan suatu masalah dalam dunia akademik. Dengan catatan tetap memenuhi kaidah ilmiah," kata Edy di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, mahasiswa jangan dipaksa menulis skripsi sebagai syarat kelulusan, tetapi dapat diganti dengan karya yang dihasilkan atau membuat laporan sebagai hasil selama mahasiswa yang bersangkutan melakukan magang di sebuah instansi atau perusahaan.

"Hal itu dapat disesuaikan dengan program studi yang diambil mahasiswa yang bersangkutan. Penggantian skripsi dengan tugas akhir lainnya tidak akan menurunkan mutu pendidikan," kata Edy.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim membuat aturan baru terkait syarat lulus kuliah pada jenjang S1 dan D4.

Nadiem menyatakan syarat kelulusan mahasiswa S1 dan D4 tidak wajib membuat skripsi.

Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Sementara itu, Pengurus Yayasan Mataram Yogyakarta memutuskan untuk memperpanjang jabatan Prof Dr Edy Suandi Hamid sebagai Rektor UWM untuk masa bakti 2023-2027.

"Penyerahan surat keputusan (SK) pengangkatan saya kembali menjadi Rektor UWM akan dilaksanakan pada saat upacara wisuda lulusan UWM pada Sabtu, 2 September 2023," kata Edy.

Terkait upacara wisuda Ke-66 itu, kata dia, UWM akan mewisuda sebanyak 176 wisudawan dari 10 program studi.

Selain pelaksanaan wisuda, menurut Edy, UWM juga memiliki rangkaian perayaan Dies Natalis Ke-41, di antaranya workshop series, kompetisi, dan ziarah ke makam Sri Sultan Hamengku Buwono IX selaku pendiri UWM.

Selain itu, kata dia, juga akan dilaksanakan soft launching Pembangunan Kampus Terpadu Tahap I UWM, malam renungan serta pameran virtual tujuh penelitian dan tujuh pengabdian masyarakat unggulan UWM.

"Puncak peringatan Dies Natalis Ke-41 UWM pada pada 7 Oktober 2023 akan diisi  laporan tahunan Rektor UWM, orasi ilmiah oleh Dr Bangun Putra Prasetya dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, serta pemberian penghargaan kepada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa berprestasi," kata Edy Suandi Hamid.