Elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di kalangan milenial dan gen Z

id Ipsos Public Affairs,Ganjar Pranowo,Arif Nurul Imam,Pemilu 2024,PDIP

Elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di kalangan milenial dan gen Z

Ilustrasi - Bakal calon presiden potensial Pilpres 2024 (ANTARA/Naufal)

Jakarta (ANTARA) - Hasil survei Ipsos Public Affairs menyebutkan bahwa elektabilitas bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo unggul di kalangan milenial (usia 25-39 tahun) dan Gen Z (usia 17-24 tahun)

Peneliti senior Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam menjelaskan bahwa di kalangan milenial elektabilitas Ganjar sebesar 39,90 persen dan di Gen Z sebesar 42,40 persen. Adapun elektabilitas Ganjar lebih unggul di kalangan milenial dan Gen Z karena mantan Gubernur Jawa Tengah itu lebih aktif di media sosial.

“Cara kampanye Ganjar lebih diterima di kalangan milenial dan Gen Z karena Ganjar lebih aktif di media sosial. Aktif dan bahasanya membumi,” kata Arif dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, konten yang disampaikan Ganjar di medsos pribadinya mendapatkan atensi dari kalangan milenial dan Gen Z. Cara ganjar bermain medsos pun menjadi daya tarik untuk kalangan milenial dan Gen Z.

Ia melihat Ganjar memang jago dalam penggunaan medsos, sama seperti Ridwan Kamil (RK) yang mampu menggaet kalangan milenial dan Gen Z.

“Namun RK bukan tokoh potensial yang maju sebagai capres. Karena itu, dibandingkan Prabowo dan Anies, Ganjar jauh lebih aktif dan atraktif di medsos,” ujarnya.

Arif mengatakan pemilih milenial dan Gen Z di Pemilu 2024 jumlahnya diperkirakan mencapai 56 persen dari total suara. Untuk itu, suara dari kedua kalangan tersebut sangat potensial diperebutkan para kandidat.

Hasil survei Ipsos menyebutkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di kalangan Gen Z (17-24 tahun), yaitu sebesar 42,40 persen. Sementara itu, Prabowo Subianto sebesar 41,6 persen, Anies Baswedan 16 persen.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Survei Ipsos: Ganjar unggul di kalangan milenial dan Gen Z
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024