Tak terkait aksesi Swedia ke NATO, penjualan F-16 ke Turki

id turki,amerika serikat,jet f-16,swedia,NATO

Tak terkait aksesi Swedia ke NATO, penjualan F-16 ke Turki

Arsip - Sebuah jet tempur F-16 tampil di pertunjukan udara di Houston, Amerika Serikat, pada 10 Oktober 2020. (ANTARA/Xinhua/Lao Chengyue)

Washington (ANTARA) - Amerika Serikat pada Senin (11/9) mengatakan bahwa penjualan jet tempur F-16 kepada Turki tidak bergantung pada potensi masuknya Swedia ke NATO, tetapi sejumlah anggota Kongres AS melihat kaitan antara kedua isu tersebut.

"Kami tidak yakin bahwa kedua hal berkaitan atau harus berkaitan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Matthew Miller saat konferensi pers, menjawab pertanyaan wartawan Anadolu mengenai status penjualan potensial itu saat ini.

Mengulangi pernyataan sebelumnya dari pemerintah AS, Miller mengatakan Washington menjelaskan kepada pemerintah Turki bahwa penjualan F-16 harus disetujui oleh Kongres AS.

"Dan ada beberapa anggota Kongres yang meyakini bahwa kedua hal tersebut berkaitan erat. Jadi meski kami tidak meyakini bahwa kedua hal itu terkait, kami juga bukan satu-satunya pelaku dalam proses ini. Kami menjelaskan ini langsung kepada para pejabat Turki," katanya.

Miller menegaskan kembali posisi AS atas aksesi Swedia, dan mengatakan bahwa hal itu "harus disetujui secepat mungkin," menambahkan bahwa AS menghormati dukungan Presiden Recep Tayyip Erdogan mengenai hal itu.

Ankara meminta jet tempur F-16 dan perlengkapan modernisasi dari Washington pada Oktober 2021, yang sedang menunggu lampu hijau dari Kongres AS. Kesepakatan senilai 6 miliar dolar AS (sekitar Rp92 triliun) itu akan mencakup penjualan 40 jet serta perlengkapan modernisasi untuk 79 pesawat tempur yang sudah ada dalam inventaris Angkatan Udara Turki.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AS sebut penjualan F-16 ke Turki tidak terkait aksesi Swedia ke NATO
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024