Bintan tempat favorit dikunjungi wisatawan, ujar Sandiaga

id Kabupaten bintan

Bintan tempat favorit dikunjungi wisatawan, ujar Sandiaga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melihat produk-produk UMKM saat berkunjung ke Plaza Lagoi, Bintan, Kepri, Minggu (17/9/2023). ANTARA/Ogen.

Bintan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menyatakan bahwa Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) menjadi salah satu kabupaten favorit untuk dikunjungi.

"Alhamdulillah bahagia sekali, saya hari ini bisa kembali ke Bintan. Terus terang, Bintan ini salah satu kabupaten favorit saya," kata Sandiaga Uno saat menghadiri workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Bintan, Minggu (17/9/2023).

Menurutnya, Bintan memiliki daya tarik wisata yang sangat luar biasa untuk dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Mulai dari pemandangan hijau dan alami, keindahan pesisir pantai, resort mewah hingga lapangan golf kelas dunia.

Selain itu, katanya, di Bintan juga terdapat beberapa desa wisata unggulan, seperti Desa Ekang Anculai, Pengudang, Busung serta gurun pasir bak di Timur Tengah.

"Bintan ini termasuk daerah wisata andalan Indonesia, setelah Bali dan Jakarta," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga juga berpesan kepada seluruh pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Bintan untuk memaksimalkan semua potensi yang ada di daerah itu. Beberapa produk-produk andalan di Bintan, di antaranya kuliner, fashion, kerajinan batik dan tanjak (topi khas Melayu), hingga fotografi.

Menurutnya produk-produk tersebut potensial untuk dikembangkan. Bahkan beberapa di antaranya sudah go internasional, namun ada sebagian produk yang perlu inovasi baik dari segi kemasan, pemasaran maupun branding.

"Kami siap memfasilitasi kemudahan perizinan, pemasaran, pemodalan, dan alat-alat produksi untuk mengembangkan produk UMKM dan ekonomi kreatif di Bintan," ujarnya.

Sementara Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengapresiasi perhatian Menparekraf Sandiaga Uno terhadap pengembangan produk UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu.