Perfilman RI dapat dukungan via fasilitasi delegasi BIFF 2023 Korsel

id BIFF,Perfilman Indonesia

Perfilman RI dapat dukungan via fasilitasi delegasi BIFF 2023 Korsel

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah/aa.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim mendukung kualitas perfilman Indonesia termasuk melalui pemberian fasilitasi delegasi yang ikut dalam Busan International Film Festival (BIFF) Ke-28 di Korea Selatan pada 4-13 Oktober 2023.

“Berbagai upaya fundamental telah kami lakukan untuk meningkatkan kualitas ekosistem perfilman,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Nadiem menjelaskan pihaknya sudah lama bekerja sama dengan pelaku film Indonesia untuk membangun strategi dan ekosistem yang layak dalam mendukung prestasi dan kehadiran sutradara-sutradara dan karya-karya Indonesia di panggung dunia.

Sebagai contoh melalui fasilitasi beasiswa non-degree bagi pelaku perfilman dan Dana Indonesiana yang diluncurkan sebagai Merdeka Belajar Episode Ke-18 serta dana padanan koproduksi film internasional.

Terkait BIFF 2023 yang memberikan sorotan khusus bagi Indonesia, Nadiem menyatakan hal tersebut tidak terlepas dari gotong royong antara insan perfilman dan pemerintah.

Tim delegasi Indonesia di BIFF 2023 terdiri atas sineas, panitia, pemerintah, dan media berjumlah 50 orang yang mendapat travel grant sebagai bentuk fasilitasi dari Kemendikbudristek melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (PMM).

Di BIFF 2023, ada 15 judul karya sineas Indonesia yang ikut berkompetisi dan tayang di program fokus sinema Indonesia Renaissance of Indonesian Cinema meliputi film pendek, film panjang, dan serial.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nadiem dukung perfilman RI lewat fasilitasi delegasi di BIFF 2023
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024