Prabowo beberkan swasembada EBT Indonesia

id Prabowo,gagasan Prabowo,relawan Prabowo

Prabowo beberkan swasembada EBT Indonesia

Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menghadiri deklarasi Matahari 08 di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (15/10/2023). ANTARA/HO-Gerindra)

Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto merencanakan kebijakannya mengenai lingkungan, yakni dengan swasembada energi terbarukan dalam wujud biosolar yang bersumber dari tanaman, seperti kelapa sawit yang tumbuh subur di Indonesia.

"Hebatnya swasembada BBM dari energi terbarukan, dari mana? Kita sekarang produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Produksi kita mungkin 25 juta ton. Kebutuhan kita enam hingga tujuh juta untuk minyak goreng, sisanya bisa kita pakai untuk solar," ucap Prabowo dalam pidatonya saat menghadiri deklarasi Matahari 08 di Jakarta Selatan, Minggu.

Prabowo mengatakan bahwa biodiesel yang bersumber dari tanaman sangat baik karena tidak membuat polusi atau mencemari lingkungan.

Ia juga menyinggung soal kebolehan Indonesia memproduksi bahan bakar dari etanol yang bisa didapat dari tebu.

"Ternyata, kita bisa bikin bensin pertamax dan sebagainya dari etanol, dan etanol kita bisa dapat dari mana? Dari tebu, bioetanol dari tebu dan rencana kita akan tanam tebu dalam skala yang besar," paparnya.

Dengan langkah itu, Prabowo menilai Indonesia akan menjadi negara mandiri yang menghasilkan energi sendiri di samping juga menyelamatkan lingkungan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo paparkan rencana kebijakan lingkungan dengan energi terbarukan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024