SMK PK-DUDI perkuat kolaborasi di Indonesia

id SMK PK,Vokasi,Pendidikan vokasi

SMK PK-DUDI perkuat kolaborasi di Indonesia

Kemendikbudristek menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tingkat nasional di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24/10/2023). ANTARA/HO-Kemendikbudristek

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyatakan pemerintah mendorong penguatan kolaborasi antara sekolah vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) melalui program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK).

“Sebuah kebanggaan bagi kita semua, bahwa SMK benar-benar menjadi tempat lahirnya siswa-siswi berprestasi dan tempat berkembangnya berbagai macam inovasi,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Nadiem menyebutkan hingga dalam waktu empat tahun program SMK PK telah memperkuat lebih dari 1.800 SMK yang memberikan dampak lebih dari 1,9 juta pelajar SMK di seluruh Indonesia.

Staf Ahli Mendikbudristek bidang Manajemen Talenta Indonesia Tatang Muttaqin mengatakan Kemendikbudristek berkomitmen untuk menjadi garda terdepan dalam menggerakkan ajang-ajang talenta nasional.

Upaya tersebut salah satunya dilakukan melalui penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tingkat nasional secara luring di kota Surabaya, Jawa Timur pada 23 sampai 28 Oktober 2023.

Tahun ini, LKS SMK yang merupakan gelaran ke-31 sejak 1992, dilaksanakan di SMK Negeri 5 dan SMK Negeri 6 Kota Surabaya dengan diikuti oleh 998 peserta didik dari 36 provinsi di Indonesia.

“LKS SMK 2023 menjadi salah satu upaya Kemendikbudristek mendorong generasi muda untuk terus kompeten, produktif, berkarakter, berinovasi, dan mampu berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional,” kata Tatang.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nadiem: SMK PK upaya penguatan kolaborasi dengan DUDI
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024