KPU DIY mengingatkan komisioner siap pulang malam demi sukses Pemilu 2024

id KPU DIY,pemilu

KPU DIY mengingatkan komisioner siap pulang malam demi sukses Pemilu 2024

KPU. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta Ahmad Shidqi mengingatkan seluruh komisioner penyelenggara pemilu di provinsi ini untuk siap bekerja secara total hingga larut malam demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024.

"Begitu mereka bekerja harus siap pulang malam, lembur, bahkan bisa tidak pulang," ujar Ahmad Shidqi di Yogyakarta, Senin.

Selain menjaga integritas, kata Shidqi, anggota KPU harus rela mengenyampingkan sementara urusan keluarga demi profesionalitas kerja.

"Komisioner baru harus siap, mulai izin dengan keluarga untuk bekerja," ucapnya.

Pesan itu ditekankan Shidqi menyusul dilantiknya 25 anggota KPU kabupaten/kota di DIY periode 2023—2028 di Jakarta, Senin (30/10).

Setelah dilantik, mereka segera mengisi posisi anggota KPU di Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Sleman, dan Kota Yogyakarta yang telah kosong sejak 24 Oktober 2023.

Shidqi meminta anggota KPU se-DIY segera bekerja untuk mengisi kekosongan yang hampir sepekan mengingat persiapan Pemilu 2024 terus berjalan.

"Kami berharap mereka bisa segera menyesuaikan dengan perubahan yang sudah jalan, dengan tahapan-tahapan pemilu yang berjalan, dan langsung bekerja gas pol," kata dia.

Ia menuturkan agenda terdekat dalam tahapan Pemilu 2024 adalah penetapan daftar calon tetap (DCT) pemilu anggota legislatif pada tanggal 3 November 2023 dan diumumkan sehari setelahnya.

"Bagi anggota KPU yang baru bukan petahana, segera belajar dan menyesuaikan. Dari sisi regulasi, harus dipahami betul-betul semua soal pemilu," kata Shidqi.