Pulau bersejarah di Kepulauan Seribu diperbaiki gaet turis

id Pulau Kelor, Pulau Onrust, Dinas Kebudayaan DKI, perbaikan pulau, pulau seribu

Pulau bersejarah di Kepulauan Seribu diperbaiki gaet turis

Landskap kawasan cagar budaya Pulau Kelor, Kepulauan Seribu, Jakarta dipantau dari Pulau Onrust, Kamis (16/11/2023). (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menjajaki upaya perbaikan, seperti penghijauan dan penambahan tanah, di beberapa pulau di Kepulauan Seribu yang menyimpan benda bersejarah.

"Upaya perbaikan di kawasan pulau bernilai sejarah penting untuk melindungi warisan masa lalu yang dari kerusakan," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan H Wardhana di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan inisiasi ini awalnya datang dari Dinas SDA Jakarta yang hingga akhir 2023 melakukan penambahan volume daratan untuk kemudian dapat ditanami pohon mangrove di Pulau Kelor.

Pulau Kelor salah satu di antara empat pulau di Kepulauan Seribu yang berstatus sebagai kawasan cagar budaya. Sebanyak tiga pulau lainnya, Onrust, Cipir, dan Bidadari.

Pulau-pulau tersebut ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya berdasarkan Surat Keputusan Gubernur DKI Nomor 2209 Tahun 2015.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DKI jajaki upaya perbaikan pulau bersejarah di Kepulauan Seribu
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024