Wabup Sleman: CFD wadah masyarakat isi akhir pekan dengan kegiatan positif

id CFD Sleman ,Wabup Sleman ,Dishub Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Wabup Sleman: CFD wadah masyarakat isi akhir pekan dengan kegiatan positif

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat menghadiri CFD Sleman di lingkungan Pemkab Sleman, Ahad (26/11/2023). (ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman)

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Danang Maharsa menyebut kegiatan "Car Free Day" yang diselenggarakan di lingkungan Pemda Sleman merupakan upaya pemerintah daerah setempat dalam memberikan wadah bagi masyarakat untuk mengisi akhir pekan.

"Kegiatan CFD ini merupakan upaya Pemkab Sleman memberi wadah masyarakat mengisi akhir pekan dengan kegiatan positif seperti berolahraga dan kegiatan lainnya," kata Danang Maharsa saat menghadiri CFD di Lapangan Pemda Sleman, Ahad.

Menurut dia, kegiatan CFD ini juga dimaksudkan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat khususnya pelaku UMKM yang diberikan kesempatan untuk menjajakan produknya dalam kegiatan yang dihadiri ratusan masyarakat ini.

"Kegiatan CFD ini terbuka untuk masyarakat umum secara gratis yang ingin melakukan kegiatan olahraga dan kegiatan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, ramainya masyarakat yang datang di CFD ini juga sekaligus membantu perekonomian masyarakat khususnya UMKM yang terlibat dalam kegiatan CFD.

"CFD ini diharapkan dapat diselenggarakan secara konsisten, mengingat tingginya antusias masyarakat yang datang di kegiatan CFD Kabupaten Sleman," katanya.

Pada kegiatan CFD yang digagas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman tersebut Danang Maharsa bersama ratusan masyarakat tampak antusias mengikuti senam dan olahraga lari (jogging) di kawasan Lapangan Pemda.

Kepala Dishub Kabupaten Sleman Arif Pramana mengatakan bahwa penyelenggaraan CFD ini memasuki pekan ke empat di bulan November 2023.

Ia mengatakan, sejak diluncurkan pertama kali, CFD ini mendapat respon yang baik dari masyarakat. Hal tersebut terlihat dari jumlah orang yang datang untuk melakukan kegiatan di CFD meningkat setiap pekannya.

"Sementara ini CFD digelar selama satu bulan, setiap pekan pukul 06.00 pagi sampai 10.00 siang dengan mensterilkan kawasan Lapangan Pemda (pengalihan jalur kendaraan). Dengan pertimbangan antusias masyarakat, Dishub akan segera melakukan koordinasi untuk kemungkinan CFD ini dilanjutkan untuk jangka panjang," katanya.

Ia mengatakan, dalam proses koordinasi nantinya akan direncanakan bekerja sama dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sleman terkait fasilitasi dalam CFD.

"Sementara ini, OPD yang terlibat dalam CFD yaitu Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman dengan fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis," katanya.

Kemudian Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sleman dengan fasilitas senam massal dan Disperindag Sleman yang melibatkan pelaku UMKM.

"Ke depan rencananya kami akan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan untuk mengisi hiburan di CFD ini," katanya.*
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024