Di Museum Nasional Qatar bisa telusuri sejarah Qatar

id Museum qatar, destinasi wisata

Di Museum Nasional Qatar bisa telusuri sejarah Qatar

Tampak depan Museum Nasional Qatar, di Doha, Selasa (28/11/2023) (ANTARA/Fitra Ashari)

Jakarta (ANTARA) -
Salah satu destinasi favorit para pelancong di negara Qatar adalah Qatar Museum atau Museum Nasional Qatar.
 
Museum yang dibuka pada Maret 2019 ini menyuarakan budaya dan warisan negara melalui artefak, sejarah lisan, musik, film, dan karya seni.
Ruang pameran binatang khas Qatar di Museum Nasional Qatar, di Doha, Selasa (28/11/2023) (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Museum Nasional Qatar membawa pengunjung dalam perjalanan yang imersif dan multisensorik melalui galeri tematik sepanjang 1,5 kilometer.
 
Di sini pengunjung bisa mempelajari bagaimana daratan Qatar terbentuk, adanya peradaban dan kehidupan masyarakat Qatar pada zaman dahulu, berbagai bentuk satwa liar yang ada di daratan Qatar dengan ukuran sesungguhnya, hingga biota laut yang bisa ditemukan di perairan Qatar seperti dugong.
 
Selain itu, pengunjung juga diajak untuk mendalami sejarah mata pencaharian masyarakat Qatar kala itu sebagai pencari mutiara. Di sini akan diperlihatkan seperti apa mutiara yang digunakan sebagai perhiasan maupun alat perdagangan.
 
Di bagian berikutnya, pengunjung juga diperlihatkan bagaimana masyarakat Qatar pada tahun 1800-1900 kala itu memakai bulu domba untuk dibuat menjadi berbagai macam kebutuhan mulai dari karpet yang disebut Sadu, membuat tenda, sarung bantal dan sarung untuk sadel unta.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mengenal sejarah peradaban Qatar di Museum Nasional Qatar