DPD REI DIY gelar pameran properti di Plaza Ambarrukmo

id rei diy

DPD REI DIY gelar pameran properti di Plaza Ambarrukmo

Pembukaan pameran properti bertajuk Amazing REI Property Expo 2023 di Atrium Utama Plaza Ambarrukmo, Rabu (20/12/2023) (ANTARA/HO-DPD REI DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar pameran properti bertajuk Amazing REI Property Expo 2023 di Atrium Utama Plaza Ambarrukmo pada 20-25 Desember 2023.

"Pameran dengan tagline 'Pilih yang Pasti Bukan yang Janji' tersebut diikuti sebanyak 28 pengembang anggota DPD REI DIY," kata Ketua DPD REI DIY Ilham Muhammad Nur pada pembukaan pameran, Rabu.

Ia mengatakan pameran tersebut diharapkan memberikan informasi kepada masyarakat secara terbuka tentang produk hunian khususnya di DIY mengenai perumahan yang dapat dijadikan pilihan.

"Pameran itu juga sebagai ajang untuk memilih hunian yang aman dan legal secara hukum serta memiliki nilai investasi yang tinggi," kata Ilham.

Menurut dia, pada 2024 diprediksi pasar properti akan semakin meningkat terutama di segmen pasar milenial, di mana pada segmen ini dari 270 juta penduduk Indonesia, sekitar 25 persen atau 48 juta jiwa merupakan generasi milenial.

"Pasar properti hunian di segmen menengah akan semakin diminati oleh generasi milenial, bahkan berpotensi menjadi penggerak pertumbuhan sektor properti saat ini dan masa depan," ujar Ilham.

Bertepatan dengan pameran properit tersebut, kata dia, DPD REI DIY juga mengadakan program bedah rumah bagi dua warga Kabupaten Sleman yang kurang mampu.

"Bedah rumah ini merupakan salah satu kegiatan berkelanjutan untuk turut serta mempercepat capaian pembangunan rumah layak huni sekaligus kontribusi tanggung jawab sosial DPD REI DIY kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kualitas hidup," tutur Ilham.

Sebelumnya, menurut dia, DPD REI DIY telah membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah Kota Yogyakarta dan bedah rumah di wilayah Kabupaten Bantul.

"DPD REI DIY juga berharap iklim bisnis perumahan dan real estate tumbuh positif pada tahun 2024, sehingga program bedah rumah dapat diteruskan dan menyasar lebih banyak warga yang membutuhkan," kata Ilham.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meminta DPD REI DIY agar dalam pengembangan dan pembangunan perumahan mempertimbangkan rencana tata ruang wilayah dan memperhatikan kawasan pertanian.

"Dengan demikian, pengembangan dan pembangunan perumahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dapat berjalan dan pertanian dapat berkembang," katanya.