Museum Horor Indonesia dibuka di Ramayana Malioboro Yogyakarta

id museum horor indonesia,malioboro

Museum Horor Indonesia dibuka di Ramayana Malioboro Yogyakarta

Owner Hobikoe Mukhammad Washar Wasesa di salah satu ruang koleksi Museum Horor Indonesia (ANTARA/HO-Hobikoe)

Yogyakarta (ANTARA) - Hobikoe Yogyakarta dan Bejo Production Jakarta menggelar event besar, unik, dan keren, yakni pameran berupa wisata edukasi bertajuk "Museum Horor Indonesia" di Ramayana Malioboro Yogyakarta, 21 Desember 2023 hingga 4 Februari 2024.

Event tersebut dalam rangka menyambut libur panjang sekolah dan mengisi agenda hiburan bagi masyarakat tahun 2023 di Yogyakarta. Event ini merupakan hiburan alternatif pertama dan terbesar di Indonesia dengan konsep kreatif dan berbeda dari pameran sebelumnya karena pameran berupa konsep museum memamerkan berbagai benda koleksi pribadi yang unik, antik, dan langka yang disuguhkan dengan nuansa horor.

"Museum Horor Indonesia dibuka setiap hari dengan harga tiket masuk Rp25.000 per orang. Pada hari Senin sampai Jumat dibuka pukul 14.00-22.00 WIB, sedangkan hari Sabtu dan Minggu dibuka pukul 13.00-22.00 WIB," kata Owner Hobikoe Mukhammad Washar Wasesa pada pembukaan Museum Horor Indonesia di Ramayana Malioboro Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, museum tersebut memamerkan koleksi barang dan benda dengan kategori unik, antik, dan langka mulai aneka perabot rumah tangga, seperti meja, kursi, lemari, benda elektronik kuno, dokumen sejarah dari kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia, lukisan kuno, motor antik, dan masih banyak lagi koleksi barang dan benda sejarah yang asli.

Konsep yang diusung merupakan museum interaktif, selain dapat menyaksikan benda unik, antik, dan langka, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan talent yang memerankan beberapa tokoh mistis yang menjadi legenda di tanah air serta adanya horror chamber (ruang horor) seperti kamar tidur Nyai Roro Kidul dan kamar kuntilanak.

"Menariknya, banyak spot foto yang membuat pengunjung dapat mengekspresikan diri dan berbagai gaya dengan koleksi benda dan barang-barang langka dan nuansa yang menarik," kata Washar Wasesa yang juga kolektor barang antik.

Owner Bejo Production Rumah Hantu Indonesia (RHI) Musri Bejo menambahkan, Museum Horor Indonesia dilengkapi dengan CCTV di seluruh sudutnya sehingga semua kegiatan pengunjung mudah dipantau demi keamanan dan kenyamanan pengunjung.

"Nikmati sensasi berbeda berpetualang dan mendapat edukasi pada sebuah pameran Museum Horor Indonesia di Malioboro Yogyakarta yang akan membuat liburan sekeluarga yang berkesan dan menyenangkan," katanya.

Untuk menikmati wahana Museum Horor Indonesia, pengunjung harus menaati peraturan yang diterapkan panitia, seperti tidak boleh menyentuh barang museum, tidak diperbolehkan menggunakan lampu (flash) untuk dokumentasi foto, dilarang membawa binatang peliharaan.

Selain itu, tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman. Bagi pengunjung yang memiliki riwayat berpenyakit jantung, epilepsi, asma, serta ibu hamil, balita, dan manula tidak diperbolehkan masuk museum.