Capres Anies sering sebut alutsista hingga diplomasi

id PEMILU 2024,PILPRES 2024,DEBAT CAPRES 2024,DEPAT CAPRES KETIGA,ANIES BASWEDAN,MUHAIMIN ISKANDAR

Capres Anies sering sebut alutsista hingga diplomasi

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan pandangannya saat Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/aa)

Jakarta (ANTARA) - "Alutsista" atau alat utama sistem persenjataan hingga "diplomasi" menjadi kata yang sering diucapkan capres nomor urut 1 Anies Baswedan dalam Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam (7/1).

Tema debat ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI itu meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

ANTARA mencatat Anies Basaedan mengucapkan kata "alutsista" sebanyak 11 kali. Berikutnya, "diplomasi" dan "ASEAN" menjadi kata kedua yang sering disebut mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu, yakni masing-masing sebanyak 10 kali.



Anies, yang berpasangan dengan cawapres Muhaimin Iskandar, juga tercatat menyebut kata "pertahanan" sebanyak sembilan kali dan siber sebanyak lima kali.

Perihal alutsista, Anies menjelaskan negara memerlukan sistem pertahanan yang nyata dan sedang terjadi, baik secara global maupun domestik atau dalam negeri, sehingga penguatan alutsista harus sesuai dengan kondisi saat kini.

"Ancaman ini seperti peretasan, penipuan online, judi online, dan terorisme; jadi, itu semua butuh perhatian dan bukan memutuskan untuk belanja alutsista berdasarkan selera dan preferensi masa lalu, melainkan untuk kebutuhan masa depan," jelas mantan gubernur DKI Jakarta itu.



Selain itu, Anies juga menekankan bahwa pemerintah harus secara serius dan berkesinambungan untuk meningkatkan investasi sumber daya manusia (SDM) melalui pengiriman calon ilmuwan ke luar negeri untuk belajar tentang ilmu alutsista.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Alutsista hingga diplomasi sering disebut Anies dalam debat capres
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024