Generasi muda dominasi investor pasar modal Indonesia

id Airlangga Hartarto,Bursa Efek Indonesia,BEI,IHSG,ASEAN

Generasi muda dominasi investor pasar modal Indonesia

Menko Airlangga saat menyampaikan sambutan secara daring dalam acara "Pasar Modal Goes to Young Generation" secara daring di Jakarta, Senin (15/1/2024). ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan investor pasar modal Indonesia saat ini didominasi oleh generasi muda.

Dalam sambutan di acara "Pasar Modal Goes to Young Generation" secara daring, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan data dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang mencatat jumlah investor meningkat hingga 12 juta total investor, di mana 79 persen di antaranya masih berusia di bawah 40 tahun.

“Peningkatan tersebut tentunya berkembang seiring pesatnya perkembangan teknologi digital di Indonesia,” kata Airlangga di Jakarta, Senin.

Menurut Menko Airlangga, hal tersebut juga menunjukkan prospek pasar modal Indonesia ke depan yang masih sangat menjanjikan.

Nilai kapitalisasi pasar modal Indonesia tahun 2023 juga telah meningkat, yakni Rp11.674 triliun atau tumbuh sebesar 22,9 persen dari tahun sebelumnya. Nilai tersebut mencatatkan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada peringkat tertinggi di bursa ASEAN dengan kapitalisasi pasar terbesar.

“Berbagai prestasi bursa efek diharapkan dapat meningkatkan optimisme yang lebih besar lagi bagi pelaku pasar modal maupun masyarakat luas,” ujarnya.

Keberhasilan kinerja pasar modal Indonesia tidak terlepas dari sinergi seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) beserta lembaga terkait. Pemerintah terus mempermudah akses terhadap pasar modal dan berupaya menarik minat masyarakat, terutama generasi muda, melalui pemanfaatan platform digital.

Dalam menarik minat ataupun partisipasi masyarakat pada pasar modal, maka diperlukan pengetahuan terkait pasar modal, di mana hal tersebut akan mempengaruhi kualitas pengambilan keputusan dalam berinvestasi di pasar modal.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Airlangga sebut investor pasar modal RI didominasi generasi muda