Mahasiswa Taiwan dan Kamboja ikuti "summer camp" di Universitas Ma Chung

id ma chung,kota malang,pertukaran pelajar

Mahasiswa Taiwan dan Kamboja ikuti "summer camp" di Universitas Ma Chung

Mahasiswa dari Kamboja dan Taiwan mengikuti summer camp di Universitas Ma Chung 2024 dengan mengikuti proses pembutan topeng Malangan di Pakisaji, Kabupaten Malang (ANTARA/HO/Universitas Ma Chung/End)

Malang (ANTARA) - Sedikitnya 15 mahasiswa internasional dari Taiwan dan Kamboja mengikuti kegiatan summer camp di Universitas Ma Chung, Malang, Jawa Timur, selama sekitar dua pekan pada 15-26 Januari 2024.

Kegiatan itu yang diikuti 11 mahasiswa dari CamTech University Kamboja dam empat mahasiswa dari Da-Yeh University Taiwan ini merupakan rangkaian dari hibah program International Credit Transfer (ICT) Universitas Ma Chung. 

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Ma Chung, Wawan Eko Yulianto, di Malang, Minggu, mengatakan melalui kegiatan itu  mahasiswa universitas partner dapat merasakan dan belajar tentang bahasa dan budaya Indonesia, khususnya Malang, dan memperkuat kerja sama antar-mitra. 

"Akan ada banyak hal yang kalian jumpai di sini, saya harap teman-teman dapat menggunakan kesempatan ini sebagai sarana untuk belajar pengalaman baru dan melebarkan cakrawala baru,” katanya. 



Pihaknya mendorong mahasiswa berinisiatif pergi ke luar negeri untuk belajar budaya yang berbeda agar pola pikir dan perilaku menjadi kaya. 

Sementara itu, Thunmnychan Makara, perwakilan mahasiswa CamTech University Kamboja Aok, mengaku mereka baru pertama pergi ke luar negeri. “Ini adalah pengalaman pertama kami pergi ke luar negeri dan kami senang memilih Indonesia sebagai negara pertama kami untuk dijelajahi,” ungkapnya. 

Ia mengaku belum tahu banyak tentang budaya di Indonesia. “Kami berharap dapat bertukar pengalaman, budaya, dan saling mengenal. Taiwan, Kamboja, dan Indonesia akan bekerja sama satu sama di masa depan,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 15 mahasiswa internasional ikuti "summer camp" di Universitas Ma Chung
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024