"Food estate" respons krisis pangan dunia

id Ari Dwipayana, debat cawapres, food estate, krisis pangan global

"Food estate" respons krisis pangan dunia

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (22/1/2024). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati).

Jakarta (ANTARA) - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyatakan kebijakan food estate ditempuh pemerintah sebagai respons atas ancaman situasi perekonomian dunia yang dipengaruhi krisis pangan.

"Kebijakan food estate itu kan untuk merespons situasi yang kita hadapi ya. Kita tahu bahwa situasi perekonomian dunia saat ini tidak baik-baik saja," kata Ari Dwipayana dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan situasi usai pandemi COVID-19 memicu banyak negara di dunia gagal memenuhi kebutuhan pangan bagi rakyatnya. Selain itu, situasi itu juga memicu ketidakstabilan harga pangan global.

"Termasuk juga harga pangan itu melambung tinggi di pasaran dunia," katanya.


Untuk merespons hal itu, kata Ari, Pemerintah RI melakukan terobosan kebijakan berskala besar dengan menerapkan program food estate. Program itu dilaksanakan mulai 2021 di Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, dan Pakpak Bharat, Sumatera Utara dengan luas 30.000 ha dalam bentuk lahan agrikultural kentang dengan komoditas bawang merah dan bawang putih.

"Itulah sebabnya mengapa Bapak Presiden mendorong untuk merespons dampak pandemi dan kemudian munculnya situasi krisis pangan itu dengan kebijakan lumbung pangan," katanya.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ari Dwipayana sebut food estate merespons krisis pangan global
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024