Diskominfo Gunungkidul sosialisasi wujudkan kalurahan cerdas

id Kalurahan cerdas,Diskominfo Gunungkidul,Gunungkidul

Diskominfo Gunungkidul sosialisasi wujudkan kalurahan cerdas

Diskominfo Gunungkidul intensifkan sosialisasi kalurahan cerdas. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar pertunjukan rakyat dalam rangka "silaturahmi dan sosialisasi kebijakan untuk mewujudkan kalurahan cerdas" yang digelar di Padukuhan Gerjo, Kalurahan Grogol.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul Sumarno di Gunungkidul, Rabu, mengatakan pertunjukan rakyat dengan semangat silaturahmi dan sosialisasi kebijakan menjadi fondasi utama dalam mewujudkan kalurahan cerdas.

"Kami berharap pertunjukan rakyat ini memperkuat jalinan komunikasi dan membagikan informasi secara merata, kami bertujuan untuk menciptakan lingkungan kalurahan yang cerdas, responsif, dan berdaya saing, memajukan kesejahteraan serta mengoptimalkan potensi bersama untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," kata Sumarno.

Ia juga mengatakan silaturahmi dan sosialisasi kebijakan mewujudkan kalurahan cerdas adalah membangun hubungan yang erat antara pemerintah dan masyarakat setempat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan warga dalam proses pembangunan kalurahan, memperkuat pemahaman bersama mengenai kebijakan, serta menciptakan lingkungan yang cerdas dan berdaya saing," katanya.

Selain itu, lanjut Sumarno, tujuannya silaturahmi dan sosialisasi kebijakan adalah menciptakan kalurahan yang responsif, mampu mengoptimalkan sumber daya lokal, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memajukan potensi-potensi lokal.

"Melalui silaturahmi dan sosialisasi kebijakan, diharapkan terjadi kolaborasi yang efektif antara pemerintah dan warga dalam mencapai pembangunan berkelanjutan yang berfokus pada peningkatan kecerdasan dan kesejahteraan kalurahan," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyampaikan acara ini digelar untuk bersilaturahmi dan mewujudkan Kalurahan yang cerdas.

"Dengan potensi sumber daya alamnya yang banyak, harapannya kita dapat memanfaatkannya dengan baik terutamanya di Grogol ini," katanya.

Dalam sesi tanya jawab, masyarakat sangat antusias untuk bertanya dan berinteraksi dengan bupati terkait perkembangan pembangunan di wilayah Kalurahan Grogol.

Pertunjukan dimeriahkan grup kesenian dari Padukuhan Gerjo, yaitu grup kesenian Tek Tek Guyub Rukun serta campursari.

Lurah Grogol Latif Wahyudi mengatakan berterima kasih kepada Pemkab Gunungkidul dalam mewujudkan kalurahan cerdas.

"Sebuah semangat Kalurahan Grogol dalam pembangunan di kalurahan, dengan semangat gotong royong ke depan dapat lebih baik," kata Latif.