KPU Bantul tuntaskan tahapan sortir dan lipat lima jenis surat suara

id KPU Bantul ,Logistik Pemilu ,Kesiapan logistik ,Pemilu 2024

KPU Bantul tuntaskan tahapan sortir dan lipat lima jenis surat suara

Tahapan memasukkan surat suara Pemilu 2024 ke kotak dan menata tumpukan kotak suara di gudang logistik KPU Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah menyelesaikan tahapan sortir dan lipat terhadap lima jenis surat suara yang akan digunakan pada hari pemungutan suara di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilu serentak 2024.

"KPU Bantul sudah menyelesaikan sortir lipat, lima jenis surat suara itu sudah kita lipat dengan baik, seperti surat suara presiden dan wakil presiden total sebanyak 758.449 surat suara sudah kita sortir, lalu empat jenis yang lain sudah selesai kita sortir," kata Ketua KPU Bantul Joko Santosa di Bantul, Sabtu.

 

Empat jenis surat suara Pemilu lainnya tersebut adalah surat suara untuk pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, surat suara pemilihan DPD RI, kemudian surat suara untuk pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan kabupaten.

 

"Lalu tahapan berikutnya kami masukkan semua surat suara ke kotak suara di masing-masing daerah pemilihan. Yang rusak, karena sortir itu pasti ada yang rusak, maka kita sendirikan dan sudah kita laporkan ke KPU RI untuk ada pengganti dari KPU," katanya.

Pihaknya berharap surat suara yang rusak agar segera diganti, termasuk proses pengemasan atau memasukkan ke dalam kotak dapat selesai pada awal Februari, untuk kemudian tahapan selanjutnya mendistribusikan ke masing-masing kecamatan dan kelurahan.

 

"Nah kami yakin dan optimis pada H-3 pemungutan suara kita sudah bisa mendistribusikan semua logistik sampai ke PPS (panitia pemungutan suara) tingkat kelurahan," katanya.

 

Dalam proses distribusi semua logistik Pemilu 2024 ke kelurahan, pihaknya bekerja sama dengan beberapa ekspedisi yang sebelumnya sudah menawarkan ke lembaga penyelenggara pemilu tersebut.

 

"Kita bekerja sama dengan beberapa ekspedisi yang menawarkan ke kita, tapi karena musim hujan tentu kami untuk ekspedisi menggunakan truk yang boks, jadi tidak terbuka agar logistik kita aman sampai ke tingkat PPS di kelurahan," katanya.

 

Apalagi, kata dia, diketahui bersama bahwa semua logistik Pemilu baik surat suara, kotak suara dan bilik suara terbuat dari kertas, kalau nantinya terkena hujan dikhawatirkan kualitas bisa menurun.