5.000 penyandang disabilitas tak ikuti Pemilu 2024

id Jambi,Dinsosdukcapil Jambi,penyandang disabilitas,terancam tidak milih, pemilu 2024

5.000 penyandang disabilitas tak ikuti Pemilu 2024

Penyandang disabilitas yang saat berlomba pada even olahraga. (ANTARA)

Jambi (ANTARA) - Dinas Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi mencatat setidaknya 5.000 penyandang disabilitas dari total 16.163 orang dipastikan tidak mengikuti Pemilu 2024 karena beragam kendala.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosisal Dinsosdukcapil Provinsi Jambi Muhammad Dalmanto di Jambi, Minggu, mengatakan 5.000 penyandang disabilitas itu tergolong disabilitas mental atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), gagal fisik, sensorik dan tuna wicara sehingga kesulitan untuk menyampaikan hak poltiknya.

Dia mengatakan, penyandang disabilitas dalam menghadapi Pemilu 2024 ini tetal menggunakan hak suaranya.

Mengenai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari penyandang disabilitas, ia menegaskan bahwa data itu yang lebih tahu adalah KPU.

Setidaknya para penyandang disabilitas ini akan terfasilitasi karena mereka sebagian sudah dilibatkan dalam sosialisasi dari berbagai organisasi dan perkumpulan.

“Kita juga melibatkan guru bahasa isyarat untuk menyampaikan tentang bagaimana proses pemilu dan sebagainya namun pihaknya sedikit ada kendala tentang disabilitas mental atau ODGJ,” kata Dalmanto.

Saat ini di panti rehabilitasi sosial setidaknya ada 177 orang ODGJ yang terdiri dari 127 orang di panti rebailitasi Laras I dan 50 orang di Laras II.

 

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024