Polres Bantul memastikan kesiapan personel pengamanan TPS pemilu

id Polres Bantul ,Pengamanan TPS ,Pemilu 2024

Polres Bantul memastikan kesiapan personel pengamanan TPS pemilu

Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta saat pembekalan kepada personel pengamanan tps Pemilu 2024 di Mapolres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumat (9/2/2024) (Foto ANTARA/HO/Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan pengecekan sekaligus memberikan pembekalan kepada anggota institusi itu guna memastikan kesiapan personel dalam pengamanan tempat pemungutan suara (tps) Pemilu 2024 di kabupaten setempat.

Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta dalam keterangannya di Bantul, Sabtu, mengatakan, dalam pengecekan dan pembekalan kepada personel Polres pada Jumat (9/2) meminta seluruh personel pengamanan tps pemilu agar setibanya di tps nantinya segera melakukan orientasi.

Kapolres Bantul juga memerintahkan seluruh personel pengamanan tps agar mengenali para petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (kpps), serta siapa petugas perlindungan masyarakat (linmas).

"Yang terpenting saat di lokasi penugasan, jaga sikap dan perilaku. Sebagai anggota Polri junjung tinggi netralitas dan laksanakan misi utama mengamankan dan mengawal pelaksanaan Pemilu 2024," katanya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, pada hari H pemungutan suara, petugas yang melaksanakan pengamanan harus datang lebih awal untuk mengecek kesiapan di tps. Untuk itu semua personel pengamanan harus menyiapkan kondisi fisik, dengan tidak begadang.

"Seluruh personel agar mengutamakan keselamatan. Kami berharap nantinya seluruh personel yang terlibat langsung dalam pengamanan di tps bisa fokus dalam bertugas, sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan lancar, aman dan kondusif," katanya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, terdapat sebanyak 3.166 tps di seluruh wilayah Bantul yang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk pelaksanaan pemungutan suara.

"Dari sebanyak 3.166 tps, terdiri dari kategori kurang rawan 3.122 tps, kemudian kategori rawan 22 tps, dan tps di lokasi khusus ada 22 tps," katanya.

Dia menjelaskan, pada pengamanan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, Polres Bantul melibatkan sebanyak 1.076 personel, yang terdiri dari 637 personel kepolisian sektor (polsek), sebanyak 354 personel polres, dan 85 personel BKO Kepolisian Daerah (Polda) DIY.