PWNU: Usulan gelar pahlawan nasional Kiai Raden Asnawi Kudus, Jateng, harus didukung

id pwnu jateng dukung usulan pahlawan, kiai raden asnawi kudus

PWNU: Usulan gelar pahlawan nasional Kiai Raden Asnawi Kudus, Jateng, harus didukung

Konferensi internasional "Pengajuan Gelar Pahlawan KH. R. M. Asnawi, pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama", diselenggarakan di kantor PWNU Jateng di Jalan Dr. Cipto Semarang, pada Sabtu (10/02/2024).  (ANTARA/HO-Humas Pemkab Kudus.)

Kudus (ANTARA) - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah memberikan dukungan terhadap usulan Kiai Haji R. Asnawi yang merupakan ulama kharismatik pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama dari Kudus sebagai pahlawan nasional.

"Apalagi, almarhum Kiai Raden Asnawi mempunyai peran penting dalam pendirian NU, serta mendorong konsolidasi kiai-kiai pesantren untuk melawan penjajah sehingga usulan sebagai pahlawan perlu didukung," kata Ketua PWNU Jawa Tengah Kiai Muzammil melalui rilis yang diterima Antara, Minggu.

Selain itu, kata dia, Kiai Raden Asnawi juga punya peran penting dalam masa-masa awal pendirian organisasi NU, karena merupakan penasihat atau mustasyar pada masa awal kepengurusan NU.

Lebih lanjut, Kiai Muzammil menjelaskan bahwa Raden Kiai Asnawi juga punya jasa besar dalam perjuangan anti-kolonial.

"Dengan kapasitasnya, sebenarnya Kiai R. Asnawi telah melampaui sekat-sekat primordial karena memiliki jasa yang besar bagi masyarakat lokal, nasional, bahkan internasional. Hal ini dibuktikan dengan kiprahnya sebagai A'wan dan Mustasyar NU pada masa awal berdirinya," ujarnya.

Penjabat Bupati Kudus M. Hasan Chabibie mengungkapkan bahwa pihaknya dari Pemkab Kudus mengajak banyak pihak untuk mencari berkah dalam proses pengusulan gelar pahlawan terhadap Kiai Raden Asnawi.

"Kiai Raden Asnawi ini perjuangannya luar biasa. Karena merupakan penggerak pada zamannya, seorang pejuang yang melawan penjajah dan pendiri Nahdlatul Ulama. Kami dari Pemkab Kudus, berniat mengakselerasi pengajuan gelar pahlawan untuk Kiai R. Asnawi dengan tahapan dan regulasi yang ada, seraya mengajak sebanyak mungkin pihak untuk sama-sama berkolaborasi, berkhidmat bersama untuk proses ini," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi semua pihak yang sudah bersama-sama mendorong pengajuan gelar pahlawan untuk Kiai Raden Asnawi.

"Mari bergandengan tangan menjadi bagian dari gerakan bersama, untuk khidmat dalam proses yang cepat ini. Dukungan dari berbagai pihak sangat penting, dalam pengajuan gelar pahlawan ini," ungkap Hasan Chabibie yang juga Ketua Umum Mahasiswa Ahlith Thariqah An-Nahdliyyah (Matan).





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PWNU Jateng dukung usulan gelar pahlawan untuk Kiai Raden Asnawi Kudus
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024