Polres Bantul mengharapkan kondusivitas hingga penetapan hasil pemilu

id Polres Bantul ,Kondusivitas pemilu ,Kamtibmas Bantul

Polres Bantul mengharapkan kondusivitas hingga penetapan hasil pemilu

Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta saat meninjau kesiapan salah satu TPS di Kabupaten Bantul jelang hari pemungutan suara. (Foto ANTARA/HO/Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta berharap kondusivitas atau situasi yang kondusif usai pelaksanaan pemungutan suara 14 Februari 2024 di wilayah hukum kabupaten ini tetap terjaga hingga tahapan penetapan dan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul AKBP Michael R Risakotta dalam keterangannya di Bantul, Kamis, mengatakan Pemilu 2024 di Bantul telah berjalan dalam situasi yang aman dan kondusif, sehingga apresiasi kepada para pihak yang telah berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Bantul.

"Untuk situasi Bantul secara umum masih terjaga, kondusif. Namun kami minta warga terus mempertahankannya, sebab proses pemilu sedang dan terus berjalan, hingga nanti final pengucapan sumpah atau janji presiden dan wakil presiden," katanya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh lapisan masyarakat, yang telah datang ke tempat pemungutan suara (TPS-TPS) untuk memberikan suaranya dan bersama-sama menjaga Bantul tetap aman.

"Pemilu berjalan lancar, damai dan demokratis, tanpa ada gangguan yang signifikan. Ini menunjukkan bahwa masyarakat di wilayah Bantul memiliki kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi dalam menggunakan hak pilihnya," katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara Polres Bantul dengan unsur TNI serta pemerintah daerah dan masyarakat.

"Dengan sinergi yang kuat, Polres Bantul dapat melaksanakan berbagai kegiatan kepolisian, mulai dari penangkalan, pencegahan, hingga penegakan hukum, untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," katanya.

Lebih lanjut, Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menghormati hasil pemilu yang akan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul mendatang.

Kapolres juga menyampaikan apresiasi kepada petugas keamanan atau linmas, petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan relawan yang membantu mensukseskan tahapan pemungutan hingga penghitungan suara pemilu.

"Polres Bantul akan terus berkomitmen untuk mengamankan wilayah hukum kabupaten Bantul dari segala bentuk ancaman dan gangguan kamtibmas," katanya.