RSPPN rumah sakit militer terbesar di Indonesia, ungkap Prabowo

id RSPPN,rumah sakit TNI,rumah sakit militer,RS Pusat Pertahanan Negara,Menhan Prabowo Subianto,Presiden Joko Widodo,Presid

RSPPN rumah sakit militer terbesar di Indonesia, ungkap Prabowo

Presiden RI Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) menjawab pertanyaan wartawan selepas acara peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman, Jakarta, Senin (19/2/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyebut Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) di Jalan Veteran Raya, Jakarta, merupakan RS militer terbesar di Indonesia.

Saat acara peresmian RSPPN di lobi utama rumah sakit, Jakarta, Senin, Prabowo melaporkan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo rumah sakit militer itu memiliki layanan kesehatan yang lengkap berikut fasilitas dan alat-alat yang juga modern.

"RSPPN memiliki fasilitas ruang rawat inap 1.000 tempat tidur, ruang operasi 11 kamar operasi, ruang intensive care/ICU, ICCU, NICU, PICU 90 tempat tidur, dan instalasi gawat darurat (IGD) 55 tempat tidur sehingga akan menjadi rumah sakit terbesar TNI," kata Prabowo melaporkan kepada Presiden Jokowi saat acara peresmian.

Prabowo mengatakan bahwa layanan kesehatan RSPPN juga mencakup seluruh organ, termasuk di antaranya layanan radiologi yang dilengkapi alat-alat seperti DSA (digital subtraction angiography), MRI 3 Tesla, CT scan, cath (catheterization) laboratory, panorama 360 derajat, dan USG empat dimensi.

RSPPN juga menyediakan layanan terpadu yang dilengkapi dengan alat-alat robotik dan laser untuk penyandang disabilitas dan penderita kelemahan kaki dan tangan.

RSPPN juga punya 30 unit mesin cuci darah (hemodialysis), dua unit alat terapi gangguan pembuluh darah, layanan generative medicine, serta layanan terpadu untuk kemoterapi dan operasi kanker.

RSPPN Panglima Besar Soedirman terdiri atas 28 lantai dengan tinggi 125 meter, menempati lahan seluas 2,2 hektare dengan luas bangunan 62.000 meter persegi.

Ia berharap RSPPN bisa memenuhi kebutuhan sebagai rumah sakit rujukan untuk prajurit TNI dan keluarganya serta bermanfaat bagi masyarakat luas.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menhan Prabowo sebut RSPPN rumah sakit militer terbesar di Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024