Mampu jadi andalan RI, "Modest fashion" berbahan wastra

id Indonesian Fashion Chamber ,IFC,wastra Indonesia,modest fashion

Mampu jadi andalan RI, "Modest fashion" berbahan wastra

Pembina Indonesian Fashion ChamberĀ (IFC), Ali Charisma menyampaikan pemaparannya dalam Seminar Nasional "Sharia Economic and Financial Outlook 2024" di Jakarta, Senin (26/2/2024). ANTARA/Uyu Septiyati Liman

Jakarta (ANTARA) - Pembina Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan bahwa modest fashion berbahan wastra buatan tangan (handmade) bisa menjadi andalan Indonesia untuk bersaing dalam pasar fesyen dunia.

“Strategi yang menurut kami pas untuk diterapkan adalah bagaimana modest fashion ini dapat membawa Indonesia menjadi pusat mode dunia yaitu dengan keunggulan wastra yang kita punya,” ujar Ali Charisma di Jakarta, Senin.

Ia menuturkan bahwa wastra Indonesia yang diproduksi secara handmade berpotensi dijadikan bahan pakaian siap pakai (ready-to-wear) untuk kalangan menengah ke atas dengan standar internasional dan dapat dihargai di pasar global.

“Kalau membicarakan craft itu ada sentuhan handmade gitu ya. Ini yang diapresiasi dan dihargai oleh masyarakat global,” katanya.

Menurut Ali, pasar bagi kalangan menengah ke atas masih memungkinkan untuk dimasuki oleh produk-produk Indonesia karena pasar bagi kalangan menengah ke bawah sudah banyak dibanjiri oleh produk-produk China, Vietnam, dan Bangladesh yang dibanderol cukup murah.

Sementara itu, pasar bagi kalangan atas sudah banyak menjadi target produk negara-negara Eropa yang sudah lama menjadi kiblat fesyen dunia, seperti Prancis, Inggris, dan Italia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IFC: "Modest fashion" berbahan wastra bisa jadi andalan Indonesia

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024