DKP Kulon Progo bina nelayan Trisik tingkatan hasil tangkap

id DKP Kulon Progo,Kulon Progo,Pemagangan nelayan

DKP Kulon Progo bina nelayan Trisik tingkatan hasil tangkap

DKP Kulon Progo melaksanakan sosialisasi renovasi TPI Trisik pada Rabu (28/2). (ANTARA/HO-Dokumen DKP Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan pembinaan nelayan kawasan Pantai Trisik dalam rangka meningkatkan motivasi supaya meningkatkan hasil produksi perikanan tangkap.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Trenggono Trimulyo di Kulon Progo, Rabu, mengatakan tujuan pembinaan nelayan adalah memberikan pembinaan, pendampingan dan informasi terbaru berkaitan dengan penangkapan ikan kepada nelayan di TPI Trisik.

"Potensi laut selatan di Kulon Progo sangat tinggi, sehingga harus ditangkap optimal untuk kesejahteraan nelayan," kata Trenggono.

Namun demikian, ia juga mengatakan kondisi bangunan TPI Trisik yang telah rusak parah akibat abrasi. Untuk itu, DKP Kulon Progo bertekad dan telah merencanakan merelokasi TPI Trisik di lahan yang baru seluas 3.200 meter persegi dan membangunnya melalui anggaran dana keistimewaan 2024.

"Saat ini, pelaksanaannya masih menunggu terbitnya rekomendasi pemanfaatan lahan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral," kata Trenggono.

Sementara itu, Kabid Perikanan Tangkap DKP Kulon Progo Wakhid Purwosubiyantara memberikan informasi tentang adanya kegiatan magang nelayan yang pesertanya khusus untuk nelayan milenial atau nelayan mud bertujuan untuk kaderisasi nelayan. Jumlah peserta sebanyak 20 orang se-Kulon Progo, yang dilaksanakan di wilayah TPI masing-masing.

Selanjutnya KUB nelayan yang telah dan pernah menerima bantuan sarana penangkapan ikan baik dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY atau Kabupaten Kulon Progo, mempunyai kewajiban untuk menyampaikan laporan ke dinas secara rutin sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban.

"Kami berharap kerja samanya, sehingga bantuan benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi nelayan," katanya.

Salah satu nelayan Trisik Subardi menyampaikan terima kasih atas perhatian DKP Kulon Progo atas program pemagangan nelayan dan renovasi TPI.

Ia berharap agar TPI Trisik dapat segera dibangun, karena menjadi tempat yang ada sekarang sudah sangat tidak layak, tempatnya hanya darurat dan seperti tidak ada perhatian dari dinas serta nelayan Trisik siap mendukung semua program kegiatan DKP Kulon Progo dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan di TPI Trisik.

"Kami siap menjadi nelayan andal Kulon Progo ke depan," katanya.