Harga gabah di tingkat petani turun jadi Rp7.100/kg

id GKP,Bapanas,gabah

Harga gabah di tingkat petani turun jadi Rp7.100/kg

Tangkapan layar - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi berbicara soal kondis pangan Indonesia dalam CNBC Ekonomi Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (29/2/2024). ANTARA/Harianto

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyatakan bahwa saat ini harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani mulai berangsur turun menjadi Rp7.100 per kilogram (kg).

"Harga GKP sedang mengalami penurunan secara bertahap sejak minggu kedua Februari 2024. Hari ini harga gabah kering panen di tingkat petani sudah sekitar Rp 7.100 per kilogram,” kata Arief dalam CNBC Ekonomi Outlook 2024 di Jakarta, Kamis.

Dia meyakini apabila harga gabah tersebut sudah turun dari Rp 8.600 per kg ke Rp7.100 per kg dalam dua sampai tiga minggu ke depan maka harga beras juga akan terkoreksi signifikan.

"Kalau harga gabahnya Rp 8.000 per kg maka jangan heran harga berasnya Rp 16.000 per kg. Kalau mau harga berasnya Rp 14.000 per kg maka harga gabahnya kurang lebih Rp 7.000 per kg," katanya.

Menurut Arief beras makin mahal lantaran kenaikan harga GKP juga mengalami kenaikan. Biasanya, sambung Arief, cara simpel menghitung harga beras yaitu dua kali lipat harga GKP.

Arief menegaskan kondisi harga beras yang mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kenaikan ongkos input produksi seperti pupuk, benih, sewa lahan, upah pekerja, dan lainnya.

“Kenapa harga beras tinggi? Karena 8 bulan terakhir defisit, jadi antara produksi dan konsumsi. Kalau lihat tahun 2023 surplus hanya 340 ribu ton, sementara kebutuhan nasional itu 2,5-2,6 juta ton (per bulan). Pada saat produksi demikian persaingan mendapatkan GKP (Gabah Kering Panen) berebut di tingkat petani," ujar Arief.

Bapanas memprediksi harga beras akan mengalami pengoreksian signifikan dalam dua hingga tiga pekan ke depan mengacu pada harga GKP di tingkat petani yang sudah mengalami penurunan.

Arief menyebut berdasarkan data panel harga pangan Bapanas per 28 Februari 2024, rata-rata harga GKP tingkat petani berkisar Rp7.120 per kg, sedangkan harga rata-rata beras premium di tingkat konsumen berkisar Rp16.770 per kg, dan beras medium di tingkat konsumen berkisar Rp14.480 per kg.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bapanas: Harga GKP mulai turun, harga beras bisa terkoreksi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024