Masyarakat jangan cuti bersamaan, cegah kepadatan arus mudik

id mudik lebaran, cuti lebaran,korlantas polri, kementerian perhubungan, jadwal cuti bersama, lebaran idul fitri,polda jawa

Masyarakat jangan cuti bersamaan, cegah kepadatan arus mudik

Korlantas Polri menggelar rapat koordinasi kesiapan pengaturan arus lalu lintas mudik-balik Lebaran 2024 bersama jajaran instansi terkait di Jakarta, Selasa (5/3/2024). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Untuk mencegah terjadinya kepadatan arus mudik-bali pada Libur Lebaran Idul Fitri 2024 masyarakat diimbau untuk tidak berangkat mudik dan balik secara bersamaan pada saat terjadi puncak arus.

Imbauan ini mengemuka dalam rapat koordinasi (rakor) lintas sektor kesiapan pengelolaan arus lalu lintas mudik-balik Lebaran 2024 yang diselenggarakan oleh Korlantas Polri di Jakarta, Selasa.

Berawal dari masukan yang disampaikan oleh Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Sonny Irawan saat sesi diskusi, meminta agar Direktorat Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan mengatur jadwal cuti masyarakat yang akan mudik agar tidak berbarengan, agar tidak terjadi kepadatan di ruas jalan tol yang menjadi jalur mudik.

“Terkait jadwal libur, mohon Dithubdar mohon karena ini libur panjang mulai dari tanggal 4 sampai 16 April, di tanggal 8 sudah cuti bersama. Mohon kiranya itu diatur. Kalau semua libur bersamaan, mohon maaf tol kami tidak muat menampung semua itu, mohon diatur sebaik-baiknya,” ujar Sonny.

Menanggapi masukan tersebut, Direktur Lalu Lintas Kementerian Perhubungan Ahmad Yani menyampaikan bahwa pihaknya tidak punya kewenangan untuk mengatur jadwal libur dan cuti, karena sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Namun pihaknya hanya bisa mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik berbarengan pada tanggal yang sama.

“Kemenhub tidak bisa mengatur, mengusulkan untuk melakukan pemberangkatan mereka yang akan mudik itu sesuai kondisi lalu lintas itu yang bisa kami lakukan. Yang bisa kami lakukan juga sosialisasi, jangan pulangnya bersamaan,” kata Yani.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cegah kepadatan arus mudik masyarakat diimbau tidak cuti bersamaan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024