GenZi harus berpola pikir "minal masjid ilal masjid"

id Khofifah indar parawansa,Gebyar Sholawat dan Launching Ramadhan GenZi 1445 H, Masji al akbar surabaya

GenZi harus berpola pikir "minal masjid ilal masjid"

Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri) saat hadir dalam acara Gebyar Shalawat dan Launching Ramadhan GenZi 1445 H di Masjid Agung Al Akbar Surabaya, Minggu (10/3/2024) malam. (ANTARA/HO-Masjid Nasional Al Akbar Surabaya)

Surabaya (ANTARA) -
Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa mengajak generasi Z (GenZi) Jawa Timur untuk mencintai masjid dan membentuk pola pikir minal masjid Ilal masjid.

"Anak-anakku Gen Z, cintailah masjid. Tempatkan hati kita minal masjid ilal masjid. Gerakkan langkah kita minal masjid ilal masjid. Dan bangun pola pikir kita minal masjid ilal masjid, bergerak dari masjid ke masjid. Artinya dari tempat yang suci ke tempat yang suci dan dekat dengan sang pencipta," kata Khofifah saat hadir dalam acara Gebyar Shalawat dan Launching Ramadhan GenZi 1445 H di Masjid Agung Al Akbar Surabaya, Minggu (10/3) malam.

"Dengan begitu hati dan pikiran kita akan senantiasa bergerak dari tempat yang suci ke tempat yang suci lainnya," kata dia.

Bulan Ramadhan, kata dia, adalah bulan yang suci. Bulan ini menjadi momentum yang tepat untuk menyucikan hati, menyucikan pikiran serta menyucikan gerak langkah dengan meningkatkan ikhtiar mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Khofifah juga mengajak GenZi untuk meneladani Nabi Muhammad SAW yang senantiasa memikirkan tanggung jawab akhirat dari setiap gerak dan langkah semasa hidupnya.



Salah satunya sebuah kisah, kata Khofifah, adalah bagaimana Nabi Muhammad SAW selalu memastikan bahwa apa yang beliau lakukan, beliau makan, minum, nantinya akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT.

"Saya baru saja pulang dari Turki, dan di Istanbul saya berziarah ke makam Abu Ayyub Al Anshari. Beliau adalah sahabat Ansor yang rumahnya ditinggali oleh Nabi Muhammad SAW selama beberapa bulan saat awal hijrah ke Madinah," katanya.

Ketika banyak sekali kaum Ansor berdoa agar rumahnya menjadi salah satu persinggahan Rasulullah, dan Allah memberikan kemuliaan bahwa rumah Abu Ayyub Al Anshari yang disinggahi dan ditinggali Nabi Muhammad SAW selama beberapa bulan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Khofifah ajak GenZi berpola pikir "minal masjid ilal masjid"