Duplikasi Jembatan Kapuas I dongkrak konektivitas daerah, beber Presiden

id presiden jokowi

Duplikasi Jembatan Kapuas I dongkrak konektivitas daerah, beber Presiden

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan duplikasi jembatan Kapuas I di Kota Pontianak, Kamis (21/3/2024) (ANTARA/Rendra Oxtora)

Pontianak (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengatakan selesainya pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I di Kota Pontianak dipastikan dapat mengurai kemacetan yang selama ini terjadi antara Kecamatan Pontianak Timur dan Pontianak Kota.

"Alhamdulillah duplikasi Jembatan Kapuas I telah selesai dan akan kita resmikan. Jembatan sepanjang 430 meter dengan lebar 9 meter, ini dikerjakan dengan anggaran Rp275 miliar," kata Jokowi saat meresmikan duplikasi Jembatan Kapuas I di Kota Pontianak, Kamis.

Menurutnya, jembatan tersebut dipastikan akan meningkatkan konektivitas kawasan antara pusat Kota Pontianak dan Kecamatan Pontianak Timur.



"Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan duplikasi Jembatan Kapuas 1 di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat," tuturnya, sambil menekan bel peresmian jembatan tersebut.

Duplikasi Jembatan Kapuas I yang menghubungkan Kecamatan Pontianak Timur dan Pontianak Kota itu dibangun sejak tahun 2022 lalu dengan menggunakan anggaran APBN senilai Rp275,7 miliar, ditambah dengan dana APBD Kota Pontianak sebesar Rp40 miliar, sehingga total anggaran yang dibutuhkan mencapai sekitar Rp316 miliar dalam dua tahun pelaksanaan.

Di tempat yang sama, Pj Gubernur Kalbar, Harisson mengatakan setelah kegiatan ini, jam 16.00 WIT nanti jembatan tersebut sudah dibuka untuk umum, sehingga masyarakat bisa segera menggunakannya.

"Kita masih memiliki PR (pekerjaan rumah) karena jalan keluar dari jembatan ini masih sempit sehingga harus segera di lebarkan, agar macet benar-benar terurai. Kita harapkan mulai tahun depan pembangunannya sudah bisa dilakukan, sehingga mobilitas kendaraan semakin lancar," kata Harisson.

Rencananya, kata Harisson, pada sisi bagian Tanjung Raya II, akan menggunakan sedikit parit yang ada untuk dijadikan badan jalan. Demikian pada sisi jalan Imam Bonjol, juga akan di lakukan pelebaran jalan, sehingga ruang yang tersedia lebih besar untuk keluar masuk kendaraan menuju jembatan tersebut.

"Jadi pohon sawit di tepi parit itu nanti akan di tebang dan di situ akan di buat jalan. Jadi, jalannya akan lebih lebar," katanya


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi: Duplikasi Jembatan Kapuas I tingkatkan konektivitas wilayah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024