Jangan risau, jaringan telekomunikasi aman saat Lebaran 2024

id kominfo,telekomunikasi,lonjakan tafik komunikasi

Jangan risau, jaringan telekomunikasi aman saat Lebaran 2024

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (21/3/2024). ANTARA/Livia Kristianti

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa pihaknya meminta para perusahaan telekomunikasi untuk mempersiapkan pelonjakan trafik telekomunikasi pada saat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Kominfo telah mengambil langkah antisipatif untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi. Kominfo mendorong operator telekomunikasi menyiapkan jaringan telekomunikasi dengan kapasitas yang memadai serta andal,” kata Budi Arie Setiadi dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat.

Pihaknya memperkirakan akan terjadi peningkatan trafik telekomunikasi pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah sebesar 7 persen sampai dengan 20 persen.

Hal itu terjadi karena pergerakan yang begitu masif mulai dari dari rumah, terminal, stasiun, pelabuhan dan bandar udara, sepanjang perjalanan hingga tiba di tujuan mudik tentu tidak bisa dilepaskan dari layanan telekomunikasi.

“Trafik data pengguna layanan telekomunikasi yang kerap meningkat menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah, yang diperkirakan meningkat sebesar 7 sampai dengan 20 persen,” ujarnya pula.

Untuk menanggulangi itu semua, Kominfo menggandeng beberapa pihak seperti penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler terus berupaya meningkatkan Quality of Service menjelang dan selama Idul Fitri 1445 Hijriah. Menkominfo menjelaskan tiga langkah antisipasi yang dilaksanakan Kementerian Kominfo.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkominfo: Pastikan jaringan telekomunikasi tetap aman selama Lebaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024