Petugas kebersihan merupakan garda terdepan wujudkan Bantul Bersih Sampah

id Petugas kebersihan ,Pemkab Bantul ,Bantul bersih sampah

Petugas kebersihan merupakan garda terdepan wujudkan Bantul Bersih Sampah

Pemberian bingkisan kepada para petugas kebersihan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut bahwa petugas kebersihan dan kebersihan yang ada pada Dinas Lingkungan Hidup merupakan garda terdepan dalam mewujudkan program Bantul Bersih Sampah Tahun 2025.

"Petugas kebersihan dan persampahan merupakan salah satu garda terdepan yang memiliki peran strategis untuk mewujudkan program besar Bantul, yaitu Bantul Bersama (Bantul Bersih Sampah 2025)," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bantul Fenty Yusdayati saat pemberian bingkisan kepada para petugas kebersihan Bantul di Bantul, Selasa.

Dia mengatakan pemberian bingkisan ini diinisiasi sebagai ungkapan apresiasi dan penghargaan atas dedikasi para petugas yang bekerja keras menjaga kebersihan lingkungan di Bantul.

"Para petugas ini merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang selanjutnya bekerja dengan penuh dedikasi mengorbankan waktu dan tenaga mereka demi lingkungan yang bersih sehat dan asri," kata dia.

Atas peran petugas kebersihan dan persampahan itu pula mengantarkan Bantul dapat meraih penghargaan Adipura atas kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2024.

"Kami berharap agar semua dapat meneladani dedikasi para petugas ini dengan menerapkan pola hidup bersih dan dapat mengelola sampah secara mandiri yakni dengan melakukan kebiasaan pengelolaan sampah dari lingkungan rumah tangga," katanya.

Selain itu, kata dia, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul terus bekerja keras untuk melakukan pengelolaan dan pengolahan sampah dengan baik dan memanfaatkan teknologi dan fasilitas modern.

"Kepada berbagai pihak terkait, saya berharap dapat bersinergi dalam mensukseskan program besar daerah ini dengan menghadirkan kawasan yang asri dan bersih," katanya.

Sementara itu, untuk Pemkab Bantul sendiri saat ini sedang membangun sejumlah fasilitas pengolahan sampah maupun tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) di sejumlah tempat, untuk kemandirian Bantul dalam mengelola sampah.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024