Pemerintah kirim bantuan untuk korban erupsi Gunung Ruang, Sulut

id Gunung Ruang,Erupsi gunung berapi,Sitaro Sulut

Pemerintah kirim bantuan untuk korban erupsi Gunung Ruang, Sulut

Kementerian Sosial telah membagikan beragam bantuan bagi masyarakat korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara. (ANTARA/HO-Kemensos)

Manado (ANTARA) -
Kementerian Sosial telah membagikan beragam bantuan bagi masyarakat korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara.
 
Sekitar 826 jiwa yang bermukim di dua desa di kaki Gunung Ruang, yakni Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente mengungsi ke pulau terdekat yakni Pulau Tagulandang yang bisa ditempuh sekitar satu jam melalui laut.
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Jumat, menyatakan radius bahaya sekitar enam kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.
 
Karena itu warga dua desa yang berada di pesisir barat Pulau Tagulandang yakni Desa Bahoi dan Desa Balehumara, juga mengungsi ke bagian timur Pulau Tagulandang.



Kementerian Sosial menerjunkan tim ke lokasi bencana sekaligus menyalurkan berbagai bantuan dari Sentra Tumou Tou Manado.
 
“Selain membawa bantuan logistik, kami juga membawa perawat serta psikolog. Kami bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk menangani pengungsi,” kata Kepala Sentra Tumou Tou Manado Kemensos Meerada Saryati Aryani dalam rilis yang diterima ANTARA di Manado.
 
Tidak mudah menjangkau Pulau Tagulandang karena hanya bisa diakses melalui jalur laut. Karena itulah Kementerian Sosial bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk membawa dan menyalurkan bantuan.
 
"Kami berangkat dari Pelabuhan Satuan Patroli Terbatas (Satroltas), Bitung, Manado, menuju Pulau Tagulandang dengan menggunakan KRI Kakap 811 TNI AL. Perjalanan laut ini ditempuh selama enam jam," kata Task Force Kemensos, Devario Ardiansyahrul Ozifeira.
 
Devario menambahkan setibanya di pelabuhan di Pulau Tagulandang, bantuan logistik diangkut hingga lokasi pengungsian yang berjarak sekitar lima kilometer.
 
Pengangkutan dibantu dengan menggunakan kendaraan milik masyarakat setempat secara swadaya.
 
Kemensos telah mendirikan tenda untuk dapur umum dan penyimpanan logistik pengungsi di Desa Apengsala, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.
  
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemensos distribusikan bantuan bagi korban erupsi Gunung Ruang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024