Gempa Garut, Jabar, sebabkan puluhan rumah di Tasikmalaya rusak

id Garut, Pemkab Garut, Tagana Tasikmalaya, gempa Garut

Gempa Garut, Jabar, sebabkan puluhan rumah di Tasikmalaya rusak

Warga menunjukkan kondisi rumah yang rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (28/4/2024). ANTARA/HO-Tagana Tasikmalaya

Tasikmalaya (ANTARA) - Taruna Siaga Bencana (Tagana) mencatat terdapat puluhan rumah warga yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, rusak akibat guncangan gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,5 di barat daya Kabupaten Garut, Sabtu (27/4) tengah malam.

Ketua Forum Koordinasi Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya saat dihubungi melalui telepon seluler di Tasikmalaya, Minggu sore, mengatakan, tercatat sementara bangunan rusak berupa rumah, masjid, madrasah, pesantren, sekolah, rumah sakit, dan perkantoran sebanyak 55 unit.

"Ini laporan sementara, data yang kami terima sampai saat ini, kemungkinan bisa bertambah," kata Jembar.

Ia menuturkan gempa bumi yang berpusat di laut Garut itu mengguncang wilayah Tasikmalaya dan menyebabkan kerusakan pada bangunan rumah warga.

Tim dari Tagana Kabupaten Tasikmalaya maupun petugas dari instansi lainnya, kata dia, langsung bergerak melakukan pemantauan dan mengecek kondisi masyarakat maupun rumah warga yang terdampak gempa bumi.

Data yang diterima Tagana, kata dia, diperkirakan akan masih terus berubah seiring dengan jajarannya masih melakukan pengecekan di lapangan untuk memastikan seberapa besar dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

"

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tagana sebut puluhan rumah di Tasikmalaya rusak akibat gempa Garut