Pemerintah atasi kekerasan di satuan pendidikan di Indonesia tuai apresiasi FSGI

id Hari Pendidikan Nasional,FSGI,Kekerasan,Satuan pendidikan,Permendikbudristek no. 46

Pemerintah atasi kekerasan di satuan pendidikan di Indonesia tuai apresiasi FSGI

Arsip foto - Seorang guru memberikan mata pelajaran kepada siswanya di SD Negeri Kenari 07/08 Pagi, Jakarta, Kamis (29/2/2024). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/YU/pri.)

Jakarta (ANTARA) - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mengapresiasi upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam mengatasi kekerasan di satuan pendidikan pada momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

"Di Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, FSGI menyampaikan apresiasi kepada Kemendikbudristek yang telah berupaya serius untuk pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan," kata Sekretaris Jenderal FSGI Heru Purnomo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Heru menjelaskan komitmen tersebut dibuktikan dalam Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan (PPKSP) serta melalui berbagai sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan kepada sekolah-sekolah di daerah untuk menerapkan Permendikbudristek tersebut.



"FSGI berharap program terkait pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan ini akan dilanjutkan oleh Mendikbudristek yang baru, mengingat kekerasan di satuan pendidikan masih tinggi," ujar dia.

FSGI mencatat di tahun 2022 ada 26 kasus kekerasan berat, bahkan sampai meninggal dunia yang terjadi di satuan pendidikan dan sampai ke ranah hukum.

Jumlah tersebut meningkat pada tahun 2023, yaitu mencapai 30 kasus, yang 80 persen terjadi di satuan pendidikan di bawah Kemendikbudristek, dan 20 persen terjadi di satuan pendidikan di bawah kewenangan Kementerian Agama.

"FSGI menyampaikan keprihatinan masih tingginya kasus kekerasan di satuan pendidikan yang sampai merenggut nyawa peserta didik, baik di satuan pendidikan di bawah kewenangan Kemendikbudristek maupun Kementerian Agama," tuturnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: FSGI apresiasi Kemendikbudristek atasi kekerasan di satuan pendidikan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024