Polres Kulon Progo imbau satkamling jaga keamanan mencegah pencurian

id Satkampling,Polres Kulon Progo,Kulon Progo

Polres Kulon Progo imbau satkamling jaga keamanan mencegah pencurian

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati menyambangi pos kamling. (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor(Polres) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY), mengimbau masyarakat mengaktifkan kembali satuan keamanan lingkungan(Satkamling) dalam menjaga keamanan di lingkungan mengantisipasi maraknya aksi pencurian yang marak belakangan ini.

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati di Kulon Progo, Senin, mengatakan keadaan dan situasi berbagai wilayah di Kulon Progo rawan aksi pencurian, seperti pencurian hewan ternak.

Wilayah Padukuhan Gedangan, khususnya kejadian kriminalitas juga meningkat.

"Kami meminta kepada awak satuan keamanan lingkungan(Satkamling) untuk selalu waspada dan bersama-sama menjaga lingkungannya. Terutama kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak, agar lebih meningkatkan kewaspadaannya mengingat saat ini banyak peristiwa pencurian hewan ternak khususnya di wilayah Kulon Progo," kata Kapolres AKBP Nunuk Setiyowati dalam rilisnya.

Menurut dia, Satkamling harus berperan aktif dalam menjaga lingkungan dengan mengaktifkan satkamling di Padukuhan Gedangan Kalurahan Sentolo.

"Satkamling ini berperan strategis menjaga keamanan kampung dari berbagai potensi ancaman keamanan dan ketertiban di kampung," katanya.

Nunuk Setiyowati juga mengimbau warga mengawasi kegiatan anak-anaknya terutama yang memiliki anak remaja apabila ada kegiatan di luar maksimal 22.00 WIB sudah berada di rumah.

“Jangan sampai anak-anak kita menjadi korban maupun menjadi pelaku tindak pidana kejahatan jalanan. Program ibu memanggil yang dilaksanakan Polsek jajaran se-Polres Kulon Progo saat diharapkan bisa membantu orang tua dalam mencari keberadaan putra-putrinya," katanya.

“Bilamana ada hal-hal yang urgen/mendesak agar menghubungi Polsek Sentolo dengan nomor telp 0274-6472110 atau call center 110 atau Bhabinkamtibmas setempat,” katanya.

Kapolres Kulon Progo juga memberikan sarana kontak berupa dua buah lampu senter dan satu buah jas hujan kepada awak Satkamling untuk digunakan pada saat melaksanakan tugas penjagaan di pos.

"Semoga bermanfaat bagi awak Satkamling," katanya.