Penduduk Indonesia harus tingkatkan mitigasi bencana perubahan iklim

id bnpb,bencana hidrometeorologi,bencana alam,perubahan iklim

Penduduk Indonesia harus tingkatkan mitigasi bencana perubahan iklim

Warga melintas di depan sekolah yang hancur akibat banjir bandang di Jorong Galudua, Nagari Koto Tuo IV Koto, Agam, Sumatera Barat, Rabu (15/5/2024). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/YU)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai dan memitigasi berbagai ancaman bencana alam yang timbul akibat perubahan iklim.
 
Direktur Mitigasi Bencana BNPB Berton Panjaitan mengatakan perubahan iklim telah memberikan dampak nyata terhadap peningkatan bencana meteorologi di Indonesia.
 
"Pencetus perubahan iklim perlu kita waspadai," ujarnya dalam forum diskusi Denpasar 12 yang dipantau di Jakarta, Rabu.
 
Berton mengatakan perubahan iklim menyebabkan peningkatan curah hujan maupun penurunan curah hujan yang tinggi di sebagian wilayah, suhu ekstrem, cuaca ekstrem, hingga puting beliung.


 
Bahkan, banjir bandang di Sumatera Barat beberapa waktu lalu akibat hujan ekstrem telah membawa material-material erupsi Gunung Marapi dan menimbulkan bencana lokal di wilayah tersebut.
 
struktural, namun keduanya itu tidak bisa berjalan sendiri-sendiri.
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB ingatkan masyarakat untuk memitigasi bencana perubahan iklim
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024