DKPP Bantul pastikan ternak hewan kurban dalam kondisi sehat

id Kandang sapi,Hewan kurban 2024,DKPP Bantul

DKPP Bantul pastikan ternak hewan kurban dalam kondisi sehat

Pemantauan hewan kurban di kandang wilayah Kelurahan Tirtonirmolo, Kasihan, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Rabu (29/5/2024) (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan bahwa ternak baik sapi maupun kambing untuk hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024 dalam kondisi sehat dan layak.

"Sampai saat ini teman teman di lapangan telah mengecek di beberapa titik lokasi penampungan ternak dan pasar hewan, hasilnya kondisi ternak ternak sehat semua, aman untuk hewan kurban tahun ini," kata Kepala DKPP Bantul Joko Waluyo di sela memantau hewan kurban di Tirtonirmolo, Bantul, Rabu.

Dia mengatakan, pemantauan dan pengecekan kondisi kesehatan hewan kurban di tempat penampungan dan pasar hewan terus dilakukan petugas kesehatan hewan hingga mendekati pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada Lebaran Haji 2024.

"Permintaan ternak menghadapi Idul Adha tahun ini hampir sama dengan tahun kemarin, kemudian Insya Allah ternak yang ada di Kabupaten Bantul tercukupi, dan ternak dalam kondisi layak untuk hewan kurban," katanya.

Pihaknya memperkirakan kebutuhan hewan kurban di Bantul pada 2024 sekitar 7.000 ekor untuk sapi, dan sebanyak 15 ribu sampai 16 ribu ekor untuk ternak kambing dan domba.

"Kebutuhannya hampir sama dengan tahun lalu dengan lokasi penyembelihan tersebar di sebanyak 2.200 titik, dan kami pada 5 Juni nanti akan melaksanakan pelatihan penyembelihan kurban untuk masing masing takmir yang ada di Bantul," katanya.

Dia mengatakan, terkait harga ternak menghadapi Idul Adha 1445 Hijriah, memang sedikit mengalami kenaikan harga dibanding dengan sebelumnya, seperti satu ekor domba dari yang sebelumnya Rp3,5 juta menjadi Rp4 juta per ekor.

"Kalau kenaikan itu hanya kenaikan harga sebelum menghadapi Idul Adha, itu hukum ekonomi, tapi kalau dibandingkan dengan Idul Adha tahun lalu hampir sama, kalau untuk sapi harganya rata rata sekitar Rp20 juta sampai Rp25 juta," katanya.

Dengan demikian, kata dia, bagi sohibul kurban untuk sapi (gabungan tujuh orang) tersebut masing masing sekitar Rp3,7 juta sampai Rp4 juta, meski demikian diakui harga hewan kurban tahun ini masih wajar dan terjangkau.