Partai Gerindra tak paksa Golkar dukung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024

id Gerindra, ridwan kamil, golkar, pilkada jakarta,Habiburokhman, wakil ketua umum gerindra,Gerindra sebut tidak bisa paksa

Partai Gerindra tak paksa Golkar dukung Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/aa.

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, partainya itu tidak bisa memaksa agar Partai Golkar mengusung kadernya yakni Gubernur Jawa Barat 2018-2023 Ridwan Kamil untuk berkompetisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.
 
Dia pun mempersilakan agar partai berlambang pohon beringin itu mempertimbangkan terlebih dahulu oleh arah politiknya untuk Ridwan Kamil. Karena dalam hal tersebut, menurutnya Gerindra mempertimbangkan juga hubungan antar partai.
 
"Kalo mereka mau di Jawa Barat ya pasti diputuskan di Jawa Barat oleh mereka. Tapi kami ingin sebaiknya di Jawa Barat kita menang, di Jakarta kita menang," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.
 
 
Walaupun begitu, menurutnya, Gerindra meyakini bahwa sosok Ridwan Kamil memiliki peluang besar untuk melenggang ke Jakarta. Menurutnya tipikal pemilih di Jakarta biasanya cenderung positif terhadap sosok-sosok baru.
 
Menurutnya warga Jakarta merupakan pemilih yang kritis terhadap sosok incumbent atau petahana. Karena berdasarkan pengalamannya dalam menangani Pilkada di Jakarta, dia menyebut bahwa survei-survei elektabilitas selalu tidak sama dengan hasil akhir.



Contohnya, kata dia, fenomena incumbent yang tak terpilih kembali, yaitu Fauzi Bowo sebagai incumbent yang kalah oleh Joko Widodo saat Pilkada DKI Jakarta 2012. Kemudian sosok Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai incumbent juga kalah oleh Anies Baswedan saat Pilkada DKI Jakarta 2017.
 
"
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gerindra sebut tidak bisa paksa Golkar usung Ridwan Kamil di Jakarta
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024