Dispar Bantul siapkan sejumlah event untuk tingkatkan kunjungan wisatawan

id Dinas Pariwisata ,Wisata pantai ,Daya tarik wisata

Dispar Bantul siapkan sejumlah event untuk tingkatkan kunjungan wisatawan

Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan sejumlah event maupun hiburan di kawasan objek wisata daerah ini dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan pada musim liburan sekolah pada 2024.

"Menghadapi liburan sekolah ini dalam waktu dekat akan ada beberapa event yang waktunya beririsan, misalnya layang layang internasional di pantai selatan, kemudian dalam rangka hari jadi Bantul pada Juli akan diramaikan kegiatan lomba lomba dan grebeg pasar," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Saryadi di Bantul, Senin.

Selain itu, kata dia, juga disiapkan pentas kesenian maupun konser musik di sejumlah destinasi wisata Bantul, dengan harapan menjadi daya tarik wisata dan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul.

Dia juga mengatakan, di sejumlah tempat pemungutan retribusi (TPR) wisata yang merupakan gerbang masuk wisata terutama pantai selatan akan ditingkatkan pelayanan dengan mengoptimalkan personel pemungut retribusi.

"Untuk memfasilitasi kemungkinan peningkatan pengunjung wisata di musim liburan ini kita juga akan menambah jumlah personel yang melayani pemungutan retribusi di TPR-TPR, untuk berapa jumlahnya per TPR kita koordinasikan dengan bidang," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Jembatan Kretek 2 yang berada di kawasan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) nantinya juga bisa membantu mengurangi kepadatan lalu lintas di kawasan wisata pantai, mengingat saat musim liburan, wisata pantai Bantul dipadati pengunjung.

"Kita berharap dengan sudah operasional Jembatan Kretek 2 itu bisa mengurai potensi kemacetan yang biasanya sering terjadi pada saat liburan panjang, harapannya bisa alihkan arus balik ke barat, sehingga bisa mengurai yang di Jalan Parangtritis," katanya.

Pihaknya juga berharap, pada musim liburan sekolah 2024 bisa menjadi salah satu momen untuk peningkatan jumlah wisatawan khususnya dari segmen pelajar, terutama kawasan Pantai Parangtritis dan objek objek lain yang menjadi favorit tujuan wisata.

"Harapannya tidak hanya lokal, tapi teman teman pelajar dari luar daerah juga berwisata ke Bantul. Tetapi, kalau data kunjungan saya belum bisa memprediksi, kita lihat dulu data tahun kemarin untuk kita sebagai perbandingan," katanya.