234 haji Indonesia meninggal dunia di Arab Saudi

id Haji,Data haji,Jamaah haji yang wafat

234 haji Indonesia meninggal dunia di Arab Saudi

Pada fase pemulangan jamaah haji, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memberikan kesempatan kepada jamaah untuk melakukan tanazul atau pengajuan pulang lebih cepat dari jadwal yang seharusnya ataupun pengunduran waktu pulang yang seharusnya mungkin lebih awal. (ANTARA/HO-Kemenag)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI melaporkan sebanyak 234 haji Indonesia wafat di Arab Saudi pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M.
 
"Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pukul 09.24 WIB, jamaah haji Indonesia yang wafat berjumlah 234 orang," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Kemenag RI Widi Dwinanda melalui keterangan di Jakarta, Selasa.
 
Widi menyebutkan rata-rata usia jamaah haji yang wafat berkisar antara 60-70 tahun.
 
 
"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, ada penurunan jumlah jamaah yang wafat pada hari yang sama, di mana tahun 2023 jamaah wafat berjumlah 469 orang, sedangkan pada tahun ini berjumlah 234 orang," katanya.

Menurut dia, jamaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci mendapat penanganan sesuai prosedur, dan akan dibuatkan surat keterangan kematian atau Certificate of Death (COD).
 
"Setelah administrasi disiapkan, kemudian diserahkan ke mashariq atau maktab untuk proses pemulasaraan," ujarnya.
 
 
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag: 234 haji Indonesia wafat di Arab Saudi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024