Efek pergantian cuaca ke La Nina terasa di utara RI

id BNPB, La Nina,Bencana Banjir,Tanah Longsor,Teropong bencana

Efek pergantian cuaca ke La Nina terasa di utara RI

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjabarkan kejadian bencana di Indonesia dalam siaran daring yang diikuti di Jakarta, Senin (1/7/2024) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan dampak fenomena peralihan cuaca dari El Nino ke La Nina mulai dirasakan oleh masyarakat dari sejumlah daerah pada sisi utara ekuator Indonesia.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam siaran daring yang diikuti di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa dampak peralihan cuaca ke La Nina memicu peningkatan hujan hingga menimbulkan bencana hidrometeolorogi basah; banjir bandang, angin puting beliung, tanah longsor.
 

BNPB mendapati dampak tersebut secara khusus sepanjang dasarian III Juni 2024 mulai melanda sejumlah daerah utara ekuator seperti di antaranya di Sumatera Utara, Maluku Utara, dan Sulawesi Tengah.

“Setelah angin puting beliung melanda Deli Serdang. Beberapa hari lalu banjir melanda Bolaang Mongondow, Gorontalo, dan daerah lainnya di Sulawesi Tengah yang lebih dari 3.233 jiwa terdampak saat Indonesia umumnya sedang musim kemarau,” kata Abdul.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dampak peralihan cuaca ke La Nina mulai dirasakan di utara Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024