Warga harus hati-hati, kualitas udara Jakarta tak sehat

id kualitas udara,udara Jakarta,polusi udara,WHO

Warga harus hati-hati, kualitas udara Jakarta tak sehat

Arsip foto - Suasana Monas yang tertutup polusi di Jakarta, Jumat (21/6/2024). Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada pukul 15.53 WIB, Indeks Kualitas Udara (Air Quality Index/AQI) di Jakarta berada pada angka 155 yang menempatkannya sebagai kota besar dengan kualitas udara terburuk kedua di dunia di bawah Kinshasa, Kongo. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Jakarta (ANTARA) - Kualitas udara di DKI Jakarta pada Jumat pagi dalam kategori tidak sehat untuk kelompok sensitif sehingga diimbau untuk menghindari aktivitas luar ruangan. 

Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada pukul 06.30 WIB, Indeks Kualitas Udara (AQI) di Jakarta berada di angka 144, dengan angka partikel halus (particulate matter/PM) 2,5 di angka konsentrasi polutan 53 mikrogram per meter kubik.

Konsentrasi tersebut setara 10.6 kali dari nilai panduan kualitas udara tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Indeks Kualitas Udara tersebut membuat Jakarta menduduki kota dengan kualitas udara kelima terburuk di dunia.



Di atas Jakarta, kota Medan menduduki kota dengan kualitas udara terburuk peringkat keempat sehingga membuat Indonesia memiliki dua dari lima kota teratas dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Adapun pada peringkat pertama kota dengan kualitas udara terburuk dunia, yakni Kinshasa (Kongo) di angka 179. Kemudian Lahore (Pakistan) pada peringkat kedua dengan indeks 172 dan Beijing (China) dengan indeks 170 pada peringkat ketiga.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kualitas udara Jakarta tidak sehat pada Jumat pagi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024