13.383 guru pendidikan agama Islam ikuti edukasi profesi dongkrak kompetensi

id Guru PAI, guru agama, pendidikan profesi guru,kemenag,kompetensi guru,ppg

13.383 guru pendidikan agama Islam ikuti edukasi profesi dongkrak kompetensi

Wakil Ketua Panitia Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG) M. Munir. (ANTARA/HO-Kemenag)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 13.383 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah umum menjalani Pendidikan Profesi Guru (PPG) secara nasional dalam upaya peningkatan kompetensi dan profesionalitas.

"Kompetensi dan profesionalitas adalah modal utama yang harus dimiliki para guru PAI," ujar Wakil Ketua Panitia Nasional PPG M Munir di Jakarta, Jumat.

Munir menjelaskan pendidikan profesi tersebut digelar dengan sistem daring serta melibatkan 48 Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidik dan Kependidikan (LPTK) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Ia menilai PPG adalah program yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik agar semakin kompeten dalam proses belajar-mengajar.



"Apalagi di tengah perkembangan teknologi digital saat ini, guru harus bisa lebih adaptif dan transformatif. Pola pengajaran PAI tak bisa lagi dengan cara konvensional, tapi perlu dipadu dengan teknologi terkini agar menarik dan mudah dipahami," katanya.

Ia berharap para guru PAI bisa mengikuti dan memanfaatkan secara optimal program ini, sebab dalam PPG tersebut guru PAI juga dilatih untuk berpikir kritis (critical thinking) serta merumuskan pemecahan masalah (problem solving).

Selain itu, lanjutnya, para guru juga diajak untuk berpikir terbuka agar memiliki pola pengajaran yang inovatif. Bahkan pada PPG tahun 2024 ini, kata dia, Kemenag juga menambah fitur baru pada Learning Management System (LMS) yaitu melengkapi komponen aplikasi plagiarism checker (turnitin).


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 13.383 guru PAI jalani pendidikan profesi guna tingkatkan kompetensi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024