PDIP minta visi misi calon kepala daerah entaskan kemiskinan ekstrem

id PDIP,Hasto Kristiyanto,Pilkada Serentak 2024

PDIP minta visi misi calon kepala daerah entaskan kemiskinan ekstrem

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam Pelatihan Nasional Tim Pemenangan Calon Kepala Daerah PDIP Gelombang Keempat di Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8/2024). ANTARA/HO-PDIP.

Bogor (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa calon kepala daerah dari partainya akan dibekali visi misi wong cilik yang mencakup solusi kemiskinan ekstrem dan penyediaan lapangan pekerjaan bagi rakyat.

Hal itu disampaikan Hasto dalam pidato di acara pembukaan Pelatihan Nasional Tim Pemenangan Pilkada 2024 di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Awalnya, ia menyampaikan PDIP sudah membentuk badan riset dan strategi kebijakan nasional.

Dari situ lah dipersiapkan visi misi bagi setiap para calon kepala daerah dari PDIP untuk hadapi Pilkada 2024.

"Dari situlah mereka akan membantu setiap calon kepala daerah kita atas arahan dari Ibu Mega untuk membantu menyiapkan visi-misi bagi paslon. Visi-misi ini akan diturunkan dari konsepsi pola pembangunan semesta berencana yang digagas oleh Bung Karno," kata Hasto.

Hasto lantas mengungkapkan visi misi dengan konsep pembangunan semesta berencana ini sudah diterapkan oleh kader PDIP I Wayan Koster kala memimpin Bali. Di sana ditetapkan konsep pembangunan Bali dalam 100 tahun ke depan.

"Mengapa di Bali kita bisa? Karena Bali sebagian besar kepala daerah dipimpin oleh kader-kader PDI Perjuangan. Sehingga ketika perjuangan kita di tingkat nasional untuk menggolkan pola pembangunan nasional semesta dan berencana menghadapi berbagai hambatan-hambatan politik, maka kita di Bali mempelopori untuk menerapkan pola pembangunan nasional semesta dan berencana 100 tahun ke depan," ujarnya.

Dalam konsep pola pembangunan tersebut, sambung dia, salah satu contohnya mengatur bagaimana persoalan politik tata ruang.

Dari konsep pola pembangunan semesta itu juga mengatur semua hal yang berkaitan dengan persoalan politik di semua bidang.

"Melalui pembangunan semesta berencana tersebut hal-hal yang berkaitan dengan politik pangan, politik energi, politik untuk mensejahterakan rakyat fakir miskin, anak terlantar dipelihara oleh negara," jelas Hasto.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PDIP arahkan visi misi cakada entaskan kemiskinan ekstrem
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024