4.251 pompa air terpasang, kejar swasembada pangan di Jawa Tengah

id Kementan,pertanian,pompanisasi,pompa air

4.251 pompa air terpasang, kejar swasembada pangan di Jawa Tengah

Ilustrasi - Pompa air mengairi ladang sawah. ANTARA/HO-Humas Kementan

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan sebanyak 4.251 unit pompa air telah terpasang di wilayah Provinsi Jawa Tengah, demi mewujudkan swasembada pangan.

"Dalam mengebut program pompanisasi di Jawa Tengah untuk antisipasi kemarau dan capai swasembada pangan dalam tiga tahun. Sampai hari ini sudah 4.566 unit sampai ke titik bagi dan 4.251 unit atau 93 persen yang terpasang di seluruh wilayah Jawa Tengah," kata Direktur Jenderal PSP Kementan Andi Nur Alam Syah dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Dia mengapresiasi capaian dan kolaborasi pemerintah provinsi, kabupaten/kota serta TNI sehingga pemasangan pompa air tersebut dapat dioptimalkan.

"Ini semua berkat kerja keras dinas pertanian provinsi, kabupaten dan komponen Kementan semua, yang sudah luar biasa bekerja. Sisa 7 persen yang belum terpasang, ini agar disegerakan, kinerja baik ini terus kita lanjutkan untuk peningkatan produksi (padi)," ujarnya.

Andi berharap, agar pemerintah daerah menunjukkan komitmen penuh dalam pelaksanaan program ini, sebagai langkah konkret untuk mempercepat pemasangan pompa air sebagai bagian dari upaya akselerasi pertanaman guna mengatasi ancaman kekeringan.

"Kita harus sama-sama sadar betapa pentingnya pengawasan distribusi bantuan alat mesin pertanian (alsintan) agar tepat sasaran dan tidak terjadi penyimpangan," tuturnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementan: 4.251 pompa air terpasang di Jateng kejar swasembada pangan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024