Gerindra Kulon Progo kelebihan bakal caleg

id Gerindra

Gerindra Kulon Progo kelebihan bakal caleg

Partai Gerindra (antaranews.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan seleksi bakal calon legislatif Pemilu 2014 karena peminatnya melebihi jumlah kuota 40 kursi di DPRD setempat.

Sekretaris DPC Gerindra Kulon Progo Hendra Ardianta di Kulon Progo, Selasa mengatakan jumlah peminat bakal caleg yang telah mengembalikan formulir sebanyak 53 orang termasuk caleg perempuan.

"Caleg perempuan sebanyak 30 persen sudah terpenuhi atau sebanyak 14 orang. Sementara 39 merupakan bakal caleg laki-laki. Untuk itu, kami melakukan seleksi bakal caleg," kata Hendra.

Ia mengatakan materi dalam seleksi meliputi motivasi caleg masuk ke Partai Gerindra, sejauh mana bakal caleg mengenal Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto, nasionalisme caleg dan langkah caleg dalam pemenangan Pemilu 2014.

"Dari empat kriteria tersebut, kami akan menentukan bakal caleg yang akan diusung Partai Gerindra," katanya.

Ia mengatakan, DPC Gerindra akan mendaftarkan bakal caleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo pada 17 April mendatang.

"Partai Gerindra secara serempak mendaftarkan caleg pada Rabu 17 April," katanya.

Ketua DPC Partai Gerindra Kulon Progo Heri Sumardianto mengatakan, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi Partai Gerindra untuk menjaring kader-kader terbaik bangsa yang nantinya sebagai pejuang partai untuk menjadi wakil rakyat, memperjuangkan aspirasi rakyat.

Ia mengatakan keterwakilan perempuan di Gerindra adalah mutlak, bukan sekedar syarat yang diharuskan KPU tapi punya andil dan semangat, tanggung jawab yang sama dengan wakil laki-laki.

"Kami optimistis mampu memperoleh 25 persen kursi DPRD Kulon Progo dalam Pemilu 2014," katanya.

Ia mengatakan Partai Gerindra memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu. Sebab, partisipasi masyarakat Kulon Progo dalam Pemilu sangat rendah. Hal ini terlihat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2011, partisipasi hanya mencapai 60 persen.

"Gerindra menargetnya partisipasi masyarakat dalam Pileg 2014 mendatang mencapai 86 persen. Di Kulon Progo ada 87 desa dan satu kelurahan dengan 986 tempat pemungutan suara (TPS). Kami yakin perolehan suara caleg Gerindra akan merata," kata dia.

(KR-STR)