Mahfud MD umumkan pencapresan April

id Mahfud

Mahfud MD umumkan pencapresan April

Mahfud MD (Foto ANTARA)

Sidoarjo (Antara Jogja) - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Prof Dr Mahfud MD menegaskan dirinya akan mengumumkan pencalonannya sebagai presiden pada April 2014.

"Semua parpol sudah bertemu, tapi resminya akan diumumkan pada April tahun depan," katanya kepada Antara setelah menghadiri pembukaan Konperensi Wilayah NU Jawa Timur di Sidoarjo, Jumat malam.

Dalam pembukaan Konperwil NU Jatim di Kompleks Pesantren Progresif "Bumi Sholawat" Lebo, Sidoarjo itu, nama Mahfud MD sebagai capres disebut oleh Ketua PWNU Jatim KHM Mutawakkil Alallah.

"Yang saya hormati, Pak Mahfud calon presiden dan mantan ketua MK," kata KH Mutawakkil dalam pembukaan acara yang juga dihadiri pimpinan parpol di Jatim, di antaranya PKB, PPP, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PKNU, Partai Nasdem, dan sebagainya.

Menurut Mahfud MD, dukungan terhadap dirinya memang tidak hanya datang dari pimpinan parpol, namun pimpinan organisasi kemasyarakatan seperti NU juga banyak yang mendukung.

"Tapi, dukungan itu sifatnya personal, karena NU dan organisasi kemasyarakatan tidak boleh memberikan dukungan secara institusi. Jadi, dukungan personal, termasuk undangan ke sini," katanya.

Dalam sambutan pada pembukaan Konperwil NU Jatim yang dihadiri 412 peserta dari 44 cabang NU se-Jatim itu, Gubernur Jatim Dr H Soekarwo juga sempat memuji Mahfud MD.

"Pak Mahfud ngaji-nya bagus ketika memimpin MK, karena itu Kiai Mutawakkil tidak salah menyebut beliau sebagai capres," kata orang nomer satu di Jatim yang datang bersama wakilnya, H Saifullah Yusuf.

Pembukaan Konperwil NU Jatim 2013 ditandai dengan pemukulan "bedug" oleh Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Agil Siradj MA.

"Setelah kembali ke Khittah NU 1926, PBNU sekarang mendorong kembali ke pesantren, agar nilai-nilai pesantren menjadi rujukan," katanya.

Selain Ketua Umum PBNU, Gubernur Jatim, dan Prof Mahfud MD, Konperwil NU Jatim yang akan berlangsung hingga 2 Juni itu, dihadiri KH Muchit Muzadi (Mustasyar PBNU), KH Bashori Alwi (Mustasyar PWNU Jatim), KH Anwar Mansur (Syuriah PWNU Jatim), KH Sholeh Qosim (Sidoarjo), dan sebagainya.

"Kami menyelenggarakan kegiatan hampir dua bulan, karena Konperwil kali ini dirangkai dengan 18 kegiatan dalam rangka peringatan Hari Lahir ke-90 NU pada 16 Rajab 1434 H," kata Sekretaris PWNU Jatim H Masyhudi Muchtar.

Ke-18 kegiatan tersebut antara lain jalan sehat, sepeda santai, istighatsah, sholawatan, seminar, semiloka, bedah kitab kuning, baksos, donor darah, bantuan anak yatim, ziarah ke makam pendiri NU, dan pergelaran wayang kulit. 

(E011)