GLZoo tampilkan pentas satwa terampil saat Lebaran

id GL Zoo

GLZoo tampilkan pentas satwa terampil saat Lebaran

Kura-kura penghuni Kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta (Foto antarafoto.com)

Jogja (Antara Jogja) - Objek wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta akan menampilkan pentas satwa terampil pada masa libur Lebaran 2014, kata Kepala Unit Satwa Terampil GLZoo, Eko Purwanto.

"Pentas satwa terampil dan pengenalan perilaku satwa di Gembira Loka Zoo (GLZoo) kini tidak lagi menyuguhkan penampilan secara monoton. Ini dimaksudkan agar penonton yang masih ingin menyaksikan pentas berikutnya bisa melihat atraksi yang berbeda," katanya di Yogyakarta, Kamis.

Jadi, kata dia, antara pertunjukan pertama dengan berikutnya dibuat berbeda. Kalau pertunjukan pertama banyak ditampilkan satwa mamalia, maka yang kedua diperbanyak penampilan aves/burung.

Menurut dia, pentas secara selang-seling ini baru tahap uji coba, setelah GLZoo banyak memiliki jenis burung pintar yang bisa dilatih untuk pertunjukan. Burung-burung yang bisa menghibur pengunjung di antaranya kakatua, lovebird, burung hantu, kangkareng, julang emas, falk, dan burung sun conure.

"Pada libur Lebaran nanti, Gelar Satwa Terampil (GST) GLZoo juga akan memberikan kesempatan bagi penonton, khususnya anak-anak untuk bisa berinteraksi dengan burung-burung cantik melalui `feeding time`. Jadi, di sela-sela show, anak-anak bisa memberi makan burung lovebird," kata Eko.

Menurut dia, pertunjukan satwa terampil ini digelar gratis, dan selama masa Lebaran nanti pentas hingga enam kali sehari.

Pelatih burung satwa terampil GLZoo Yoga Agung Nugroho mengatakan libur Lebaran nanti pentas satwa terampil di Objek Wisata GLZoo bakal menyuguhkan tampilan baru dengan menghadirkan lovebird atau burung cinta.

Ia mengatakan tujuh ekor burung berukuran kecil dengan bulu warna-warni itu akan dibiarkan terbang bebas mengitari pengunjung.

"Burung impor mirip parkit merah itu sudah jauh hari dilatih untuk tampil khusus pada masa libur Lebaran. Nanti juga direncanakan ada interaksi dengan penonton berupa `feeding time`. Jadi, setelah show, penonton bisa memberi makan lovebird," katanya.

Menurut dia, penampilan baru lainnya yang bisa disaksikan gratis pada gelar satwa terampil dan pengenalan perilaku satwa di GLZoo adalah atraksi terbang bebas burung hantu. Burung hantu yang biasanya keluar pada malam hari, dilatih melakukan aktivitas pada siang hari.

"Atraksi burung yang sudah ditampilkan di GLZoo selama ini adalah kemahiran burung sun conure atau sejenis betet dan sepasang falk atau cockatiel, sejenis parkit asal Australia. Pada masa Lebaran nanti pentas satwa terampil dilangsungkan sampai enam kali per hari," katanya.

(H008)