Usai terima senjata baru, Ukraina hentikan Rusia

id Ukraina,Rusia,KTT Perdamaian

Usai terima senjata baru, Ukraina hentikan Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (ANTARA/Anadolu)

Istanbul (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Kamis (9/5) mengatakan bahwa negaranya dapat menghentikan serangan Rusia di timur saat ini setelah negara tersebut menerima pengiriman senjata baru yang disediakan oleh Barat.

"Dengan peningkatan pasokan senjata, kami akan mampu menghentikan mereka (Rusia) di wilayah timur. Mereka memiliki inisiatif di sana sekarang. Ini bukan rahasia," kata Zelenskyy dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Parlemen Eropa Roberta Metsola di Kiev.

"Kita perlu menghentikan mereka dan mengambil inisiatif sendiri. Hal ini hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki sesuatu yang kuat di tangan Anda," tambahnya.

Menyatakan bahwa Kiev akan mampu menghentikan inisiatif Rusia di garis depan di Ukraina timur segera setelah negara tersebut menerima pengiriman senjata, yang menurutnya saat ini tidak berada pada tingkat yang mereka harapkan, Zelenskyy mengatakan Moskow sebaliknya telah menambah pasukannya di utara dan timur negara itu.

Bulan lalu, Presiden AS Joe Biden menandatangani rancangan undang-undang bantuan senilai $60,8 miliar (Rp975 triliun) ke Ukraina menjadi undang-undang ketika negara itu terus melawan Moskow di tengah perang Rusia-Ukraina yang sudah berlangsung sejak Februari 2022.

Zelenskyy juga menyinggung KTT Perdamaian Global yang akan datang di Swiss pada Juni, dengan mengatakan bahwa KTT tersebut penting karena jika hukum internasional dan mayoritas dunia berhasil untuk Ukraina, mereka akan mampu berupaya untuk memulihkan perdamaian bagi "semua orang."


Sumber: Anadolu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Zelenskyy: Ukraina dapat hentikan Rusia setelah terima senjata baru
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024